Renungan Remaja Kejadian 14: 1-12 | Bijak Dalam Memilih. Kadang kita gak bisa menghindar dari sebuah kejadian buruk. Tapi dalam beberapa kasus, sebenernya kita bisa nyegah diri kita jadi korban kalo aja kita mau mikir lebih panjang dan mempertimbangkan secara matang sebelum ngambil keputusan. Misalnya, pas enak-enak makan di warung makan, tau-tau kompornya meledak. Jelas kita gak mungkin bisa tau bakal ada kejadian seperti itu. Kebetulan aja kita ada di tempat yang salah di waktu yang salah. Tapi kalo kita nekad maen air di pantai, sementara cuaca lagi gak bersahabat dan penjaga pantai udah ngasih papan peringatan di situ, itu sih namanya kita sendiri yang cari-cari masalah.

Bijak Dalam Memilih

Musibah yang terjadi pada Lot juga merupakan akibat dari keputusannya sendiri. Saat ia memilih hidup di kota Sodom, yang menurutnya lebih menjanjikan, cepet ato lambat masalah pasti bakal menimpa dia dan keluarganya. Lot emang sengaja memisahkan diri dari pamannya setelah ada keributan di antara pekerja-pekerja mereka. Ia menuju lembah Yordan yang keliatan jauh lebih subur dibandingkan Kanaan. Dampak langsung dari keputusannya itu, waktu terjadi peperangan dahsyat antara Kedorlaomer dan sekutunya melawan raja Sodom, Lot dan seluruh keluarganya ikut ditawan dan diangkut ke utara. Penulis kitab Kejadian ngasih penekanan latar belakang peristiwa yang menimpa Lot itu adalah; “sebab Lot itu diam di Sodom”. Lot udah salah milih tempat dan dia harus ngalamin berbagai tragedi karena keputusannya itu.

Pilihan yang keliru bisa berakibat fatal. Salah milih tempat tinggal, salah jurusan kuliah, salah milih calon pasangan hidup apalagi, bisa ngedatengin banyak kesulitan, bahkan bikin kita menyesal. Kita gak pernah tu apa kita masih bakal punya kesempatan untuk memperbaiki keadaan ato gak. Jangan sampe karena salah pilih, kita jadi berakhir di “tempat” yang salah pula. Makanya Guys, sebelum menetapkan pilihan, mending pikir dulu baik-baik dan jangan lupa bawa dalam doa untuk minta pertimbangan dari Tuhan, agar pilihan kita gak bikin kita menyesal di kemudian hari! (Renungan Remaja Kejadian 14: 1-12 | Bijak Dalam Memilih)