renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Yoh 20: 31

www.renunganhariankristen.com Rasul Yohanes baru saja selesai menulis tentang kisah keraguan Tomas yang pada akhirnya mengakui kebangkitan Kristus. Itu semua terjadi pada akhir abad pertama dan tercatat pada kitab Injil Yohanes.

Sebelum menyelesaikan semua tulisannya, ada sebuah cerita terakhir yang harus diselesaikan, yaitu sebuah pemandangan yang indah pada kebangkitan Yesus dalam kisahnya dengan Tomas. Dia menulis demikian (Yoh 20:30-31):

“Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, Tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.”

Apakah artinya?

Pilihan Yohanes untuk mengintrupsi ceritanya sendiri memiliki dua tujuan yang sangat menarik. Biasanya, ketika anda membuat tulisan anda akan menaruh gagasan atau inti cerita pada awal cerita. Tapi Yohanes melakukannya diterakhir, dengan tujuan memiliki dampak yang kuat bagi pembaca ketika memberitahu mereka tentang hidup, kematian, dan kebangkitan Yesus.

Dan ternyata itu berhasil! Injil Yohanes adalah sebuah kesaksian yang sangat kuat sekali mengenai inkarnasi Yesus. Tapi jujur, maksud pernyataan Yohanes juga berhasil dalam ketiga Injil lainnya, Matius, Markus, dan Lukas. Alkitab yang sudah kita pelajari selama lebih dari enam bulan ditulis dengan satu maksud tujuan yaitu untuk menjadi saksi karya penebusan Yesus (perdamaian Tuhan dengan manusia) dan menawarkan keselamatan pada semua orang yang mau percaya.

Yesus sudah membuktikan bahwa Dia adalah Anak Allah, Mesias yang menyelamatkan, seperti yang dikatakan-Nya dan yang sudah dilakukan di bumi (Yoh 10:25).

BACA JUGA:  Renungan Harian 1 Korintus 5: 7

Empat orang pria saleh, yang diinspirasikan oleh Roh Kudus, merasa terdorong untuk mencatat beberapa peristiwa yang terjadi dan dibukukan agar generasi selanjutnya seperti kita dapat mengetahui kisah yang benar tentang Yesus.

Jadi, sebagaimana kita telah mendekati akhir dari pelajaran tentang hidup dan karya Yesus di dalam Injil, ada sebuah pertanyaan yang penting bagi anda: apakah anda percaya bahwa Dia adalah Mesias, sang Anak Allah?

Lalu apa yang harus dilakukan?

Baca Yoh 20:30-31 lagi dan akan sangat menolong kita untuk tambah memiliki keyakinan tentang Yesus.

Tahukah anda?

Yohanes menulis, “Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,” (Yoh 20:30). Sementara Injil Yohanes mencatat tujuh mukjizat, sedangkan Injil yang lain menulis tiga puluh lima tanda mukjizat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *