Renungan Pagi 2 Korintus 5:16-21 | Dari Benci Menjadi Cinta

Renungan Harian - Penyalahgunaan Kasih Karunia
Renungan Harian Roma 6:1-14 | Penyalahgunaan Kasih Karunia
2017
Renungan Harian - Siapa Anak Sulung
Renungan Malam Lukas 15:1-3; 11b-32 | Siapa Anak Sulung?
2017
Show all

Renungan Pagi 2 Korintus 5:16-21 | Dari Benci Menjadi Cinta

Renungan Harian - Dari benci menjadi cinta


Renungan Pagi 2 Korintus 5:16-21. Berdoalah dengan hati yang lemah lembut meminta hikmat kepada Tuhan agar diberikan pengertian untuk memahami isi hati tuhan melalui renungan pagi hari ini.

  1. Sadarkah Anda bahwa kita semua cenderung membuat penilaian mengenai orang yang kita temui?
  2. Sesungguhnya hal ini wajar dan perlu. Penilaian tersebut membantu kita untuk menentukan bagaimana seharusnya kita bersikap kepadanya. Jadi, persoalannya bukan terletak pada boleh atau tidak memberikan penilaian, melainkan pada ukuran yang kita gunakan untuk memberikan penilaian itu.
  3. Apakah yang Paulus maksudkan dengan “menilai seseorang dengan ukuran manusia? (ayat 16a)
  4. Ukuran apakah yang biasa kita gunakan untuk menilai orang lain?
  5. Paulus mengakui bahwa dia pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia (ayat 16b). Menurut Anda, apa yang dimaksudkannya disini?
  6. Setelah seseorang menjadi ciptaan baru didalam Kristus (ayat 17), perubahan apakah yang terjadi didalam caranya memandang atau menilai orang lain? (ayat 19b)
  7. Apakah perubahan cara pandang seperti itu juga mempengaruhi pelayanan Paulus? (ayat 18, 20)

Dari Benci Menjadi Cinta

Sebelum pertobatannya, Paulus sangat membenci para pengikut Kristus. Pada waktu itu Paulus menganggap bahwa ajaran Kristus dan para pengikutnya adalah ajaran sesat karena bertentangan dengan agama yahudi yang dianutnya. Secara sistematis dan dengan cara yang kejam, Paulus menganiaya mereka (Kis 8:1-3)

Namun, setelah mengenal Kristus, perubahan besar terjadi didalam diri Paulus. Perubahan dalam hal apa? Pertama-tama, tentu saja pada keyakinan dan ajaran yang dipegangnya, khususnya mengenai keselamatan. Namun, ada perubahan lain yang tidak kalah penting, yaitu sikapnya terhadap “orang berdosa”. Paulus tidak lagi memandang orang-orang lain yang belum mengenal Kristus (yang berbeda ajaran dan keyakinan, atau bahkan yang masih berkecimpung dalam dosa) sebagai musuh yang harus dibenci dan dianiaya. Kristus mengutus Paulus kepada mereka bukan untuk memusuhi dan menganiaya mereka, melainkan untuk memperkenalkan kasih Allah kepada mereka.

Setelah Anda mengenal Kristus, perubahan apa saja yang sudah terjadi didalam diri Anda? Tuliskan sedikitnya 2 nama orang yang Anda anggap perlu mengenal kasih Tuhan, dan mulai doakan mereka! [GKBJ – RenunganHarianKristen.com]

Kristus bukan hanya mengubah cara pandang kita terhadap diri sendiri, melainkan juga mengubah cara pandang kita terhadap orang lain


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *