Renungan Harian 1 Korintus 10:1-12 | Bebas Berbuat atau Melawan Dosa?

Renungan Harian - Dibenarkkan karena iman
Renungan Harian Roma 5:1-11 | Dibenarkan Karena Iman
2017
Renungan Harian - Bertobat, Mudah atau Sulit
Renungan Harian Yesaya 55:1-9 | Bertobat: Mudah atau Sulit?
2017
Show all

Renungan Harian 1 Korintus 10:1-12 | Bebas Berbuat atau Melawan Dosa?

Renungan Harian - Bebas berbuat atau melawan dosa


Renungan Harian 1 Korintus 10:1-12. Renungan pagi hari ini diambil dari nats Alkitab 1 Korintus 10:1-12, berdoalah dengan hari yang lemah lembut untuk menerima firman Tuhan hari ini.

  1. Paulus menggunakan perjalanan bangsa Israel di padang gurun sebagai gambaran dari perjalanan para pengikut Kristus? (ayat 1-5)
  2. Dalam hal apa sajakah keduanya mempunyai kesamaan?
  3. Dosa-dosa apakah yang telah membuat umat israel gagal masuk tanah perjanjian? (sebagai acuan, gunakanlah kata peringatan ‘jangan’ dalam setiap ayat)
  4. Apa tujuan Paulus menyebutkan kisah ini kepada jemaat Korintus? (ayat 6, 11)
  5. Kepada orang seperti apakah pelajaran ini perlu mendapat perhatian? (ayat 12)

Kita harus melawan dosa

Keselamatan yang kita terima dalam Kristus memang seharusnya memberikan rasa aman kepada kita. Semakin kita mengenal kasih Kristus memang seharusnya membuat kita bebas dari rasa bersalah, bebas dari dosa-dosa yang menuduh kita. Namun, kepastian keselamatan di dalam Kristus juga bisa menyesatkan bila kita memahaminya secara curang. Rasa aman, bebas dari rasa bersalah, dan bebas dari tuduhan dosa malah bisa membuat kita meremehkan dosa. Memang, dosa sekecil apapun merupakan hal yang serius di dalam hidup kita. Kepastian keselamatan di dalam Kristus tidak dimaksudkan agar kita bebas berbuat dosa, melainkan agar kita bebas melawan dosa.

Periksalah, apakah Anda cenderung membedakan antara dosa besar dan dosa kecil? Diantara macam-macam dosa diatas, dosa manakah yang sering membuat Anda sendiri tersandung? Mohonlah pengampunan dari Tuhan dan jangan berbuat dosa lagi! [GKBJ – renunganhariankristen.com]

Kebebasan yang sejati memberikan kemampuan kepada seseorang untuk mengendalikan diri.


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *