Renungan Pagi Roma 4: 1-12 | Dasar Untuk Bermegah

Renungan Harian - Bertobat, Mudah atau Sulit
Renungan Harian Yesaya 55:1-9 | Bertobat: Mudah atau Sulit?
2017
Renungan Pagi - Penderitaan dan Dosa
Renungan Pagi Lukas 13:1-9 | Penderitaan dan Dosa
2017
Show all

Renungan Pagi Roma 4: 1-12 | Dasar Untuk Bermegah

Renungan Pagi - Dasar Untuk Bermegah


Renungan Pagi Roma 4: 1-12. Berdoalah dengan hati yang lemah lembut untuk menerima Firman Tuhan pada renungan pagi hari ini.

  1. Perbuatan manusia tidak bisa dipakai sebagai dasar untuk bermegah di hadapan Allah (ayat 2) Menurut Anda mengapa?
  2. Dalam kehidupan Abraham, hal apakah yang oleh Allah diperhitungkan sebagai kebenaran? (ayat 3-5)
  3. Menurut kesaksian Mazmur Daud, hal apakah yang membuat seseorang disebut berbahagia? (ayat 6-8) Mengapa Abraham dan Daud dipakai sebagai contoh disini?
  4. Dalam hubungannya dengan sunat, apa yang Paulus katakan mengenai orang-orang yang dibenarkan dan berbahagia itu? ( ayat 9-12) Jadi apa fungsi sunat bagi mereka pada waktu itu?(ayat 11)
  5. Apakah orang-orang Kristen masih harus disunat? Mengapa? (lihat Kolose 2:11-12)

Iman Kepada Kristus

Bagi orang-orang yahudi, hukum Taurat dan sunat tidak bisa diabaikan begitu saja, meskipun mereka telah menerima Kristus. Ajaran bahwa manusia dibenarkan karena iman, bukan karena melakukan hukum Taurat (3:28), sungguh sulit diterima. Paulus tidak henti-hentinya menjelaskan kepada mereka mengenai hal ini. Meninggalkan tradisi yang telah kita pegang turun menurun untuk menerima suatu pengajaran yang baru, memang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Sampai sekarang pun kita masih sering melihat orang-orang kristen mencampurkan tradisi non-Kristen ke dalam iman Kristen mereka. Didalam hati orang-orang Kristen masa kini pun masih sering kita jumpai ketakutan untuk meninggalkan tradisi dan bersandar sepenuhnya kepada iman di dalam Kristus.

Apa akibatnya? Tanpa kita sadari kita telah meremehkan makna pengampunan yang Allah berikan melalui Kristus. Kita mengecilkan daya penyelamatan yang terdapat didalam pengampunan itu. Itulah sebabnya, banyak orang Kristen yang juga sulit memberikan pengampunan kepada orang lain.

Periksalah, dalam hal apa konsep agama dan kepercayaan Anda yang lama masih mengakar kuat dalam diri Anda sehingga menghalangi Anda beriman sepenuhnya kepada Tuhan?

Ucapkan doa syukur, bahwa Anda diselamatkan bukan karena Anda telah menjalankan kewajiban agama dengan sempurna, melainkan semata-mata karena iman kepada Kristus! [GKBJ – renunganhariankristen.com]

Jika Anda sulit mengampuni dan menerima orang lain, mungkin Anda juga telah meremehkan pengampunan yang telah Anda terima di dalam Kristus.


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *