Renungan Harian Sekolah Minggu Efesus 2: 11-22 | Bait Allah

Renungan-Harian-18-April-2019
Renungan Harian Matius 18: 3
Renungan-Harian-19-April-2019
Renungan Harian Matius 18: 15
Show all

Renungan Harian Sekolah Minggu Efesus 2: 11-22 | Bait Allah

Renungan-Harian-Sekolah-Minggu-Efesus-2-11-22-Bait-Allah


Renungan Harian Sekolah Minggu Efesus 2: 11-22 | Bait Allah. Adik-adik, ternyata Bait Allah pada masa perjanjian lama dan perjanjian baru berbeda lo. Yuk kita lihat apa bedanya!

Perjanjian Lama

Bait Allah adalah tempat bangsa Israel beribadah kepada Tuhan dan mempersembahkan korban bakaran. Bait Allah terdiri dari tiga bagian, yaitu pelataran, ruang kudus, dan ruang maha kudus. Di ruang maha kudus, tersimpan tabut perjanjian Allah yang melambangkan kehadiran Tuhan. Hanya imam besar yang boleh memasuki ruang maha kudus ini. Umat Israel hanya boleh memasuki pelataran sehingga tidak bisa “bertemu langsung” dengan Tuhan di ruang maha kudus.

Perjanjian Baru

Melalui pengorbanan Yesus di kayu salib, tabir (sekat) yang memisahkan ruang kudus dan ruang maha kudus terbelah. Hal ini menandakan bahwa tidak ada lagi penghalang bagi umat Tuhan untuk bertemu dengan Tuhan. Tuhan tidak hanya hadir di ruang maha kudus saja. Bait Allah bukan lagi berupa bangunan, tetapi adalah kumpulan orang-orang yang percaya kepada Tuhan di mana pun mereka berada.

Adik-adik,

Menurut Adik-adik, di manakah Tuhan saat ini?

Bait Allah (gereja) bukanlah gedungnya, tetapi orang-orang percaya yang berkumpul. Apa saja yang dilakukan orang-orang percaya saat berkumpul sehingga bisa disebut sebagai gereja?

Baca juga: Renungan Harian Anak Yohanes 1: 19-34 | Mencuri Kemuliaan Tuhan

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *