Renungan Harian Roma 5:1-11 | Dibenarkan Karena Iman

Bahan Sekolah Minggu - Tidak Membalas
Bahan Cerita Sekolah Minggu | Tidak Membalas
2017
Renungan Harian - Bebas berbuat atau melawan dosa
Renungan Harian 1 Korintus 10:1-12 | Bebas Berbuat atau Melawan Dosa?
2017
Show all

Renungan Harian Roma 5:1-11 | Dibenarkan Karena Iman

Renungan Harian - Dibenarkkan karena iman

Renungan Harian Roma 5:1-11. Berdoalah dengan hati yang lemah lembut untuk menerima firman Tuhan pada renungan pagi hari ini.

  1. Sebagai orang-orang yang dibenarkan karena iman, hal apa saja yang kita peroleh? Sebutkan 3 hal berdasarkan ayat 1-3a.
  2. Sebagai orang-orang yang dibenarkan karena iman, bagaimana seharusnya kita memahami penderitaan yang terjadi pada diri kita? (ayat 3b-4)
  3. Apa yang menjadi dasar pengharapan kita? (ayat 5)
  4. Perhatikan ayat 6-11, apa yang Paulus ajarkan mengenai kasih Allah? (ayat 8)
  5. Apa yang Paulus ajarkan mengenai keselamatan di dalam Kristus? (ayat 9-11)

Dibenarkan karena iman

Ajaran mengenai ‘dibenarkan karena iman’ bukan hanya terkait dengan kehidupan kekal di surga, melainkan juga berdampak bagi kehidupan seseorang didunia.

  • Pertama, ada damai sejahtera dalam hidupnya. Damai sejahtera ini tentu nampak dalam kehidupannya setiap hari.
  • Kedua, hidup dalam kasih karunia. Seseorang yang hidup dalam kasih karunia tentu juga penuh kasih karunia terhadap sesamanya.
  • Ketiga, tekun dalam menghadapi penderitaan. Sikap iman yang seperti ini tentu juga memberikan inspirasi dan kekuatan bagi orang-orang yang disekitarnya.

Dalam hal apakah semua itu nampak nyata? Semua itu akan nampak nyata justru dari sikap kita terhadap orang-orang berdosa, atau orang-orang yang memusuhi kita. Ingatlah bahwa Allah telah mengasihi kita, bukan setelah kita menjadi orang baik, melainkan sejak kita masih berdosa dan masih menjadi seteru Allah.

Periksalah apakah ketiga hal diatas ada di dalam diri Anda? Jika tidak, mulailah dengan doa ucapan syukur bahwa Anda diselamatkan bukan karena perbuatan baik melainkan semata-mata karena iman didalam Yesus Kristus, dan renungkanlah hal itu sepanjang hari ini. [GKBJ – renunganhariankristen.com]

Sikap Allah terhadap orang berdosa seharusnya menjadi sikap standar para pengikut Kristus yang telah mendapatkan kasih karunia-Nya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *