renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 6 Juli 2022: 1 Tawarikh 21: 1-17 (Senjata Iblis – Kesombongan)

Renungan Harian 1 Tawarikh 21: 1-17 (Senjata Iblis – Kesombongan) Daripada disukai, orang sombong lebih banyak dibenci. Orang menjadi sombong tentu bukan tanpa sebab. Banyak penyebab yang membuat seseorang menjadi sombong. (1) OKB alias Orang Kaya Baru adalah penyebab umum orang menjadi sombong. (2) Merasa lebih baik dari orang lain dalam hal tertentu. (3) Menganggap orang lain tidak penting. (4) Salah mengartikan pujian orang lain sehingga hanya diterima mentah-mentah dan semua itu dianggap ada dan benar pada dirinya.

Senjata Iblis – Kesombongan

Kesombongan bisa dialami oleh siapa saja tak terkecuali Daud, hamba Tuhan yang hidupnya berkenan di hadapan-Nya. Kitab 1 Tawarikh 20 mencatat beberapa kemenangan Daud dalam peperangan, termasuk merebut mahkota musuhnya. Daud memenangkan banyak peperangan tetapi Daud kalah dalam pertempuran karena Iblis menggunakan kemenangannya ini untuk membumbungkan ego Daud serta memikat Daud untuk melawan Allah. Alih-alih mengucap syukur atas kemenangan-kemenangan itu dengan menggubah mazmur (bdk. 2 Sam. 22: 1-51), rasa syukur Daud itu justru berubah menjadi kesombongan.

 

Daud merasa bahwa kemenangan-kemenangan yang diraih bangsa Israel selama itu karena kekuatan tentaranya yang notabene di bawah pelatihan dan kepemimpinan Daud. Betul, Daud memang berperan besar. Namun semua itu karena Allah. Kesombongan yang tersirat itulah yang dilihat Allah sehingga Daud dianggap berbuat jahat.

 

Inilah salah satu bahaya akibat mencapai kesuksesan yang besar. Untuk itu, kita yang sangat diberkati seperti kesuksesan dalam karir, kita perlu secara intensif memerangi kesombongan. Sebab kesombongan adalah senjata Iblis yang paling ampuh. (ys)

BACA JUGA:  Renungan Harian Remaja 1 Tawarikh 13:1-14 | Baik, Belum Tentu Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published.