renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 23 Des 2021: 2 Raja-Raja 2: 19-22 (Simplikasi Masalah)

Daftar Isi

Renungan 2 Raja-Raja 2: 19-22 (Simplikasi Masalah). Ada pengusaha percetakan yang kesulitan mengatur beban kerja.  Saat sedang ramai, la kerepotan karena orang dan alat kurang.  Ketika sepi order, ia harus menggaji sehingga mengurangi keuntungan yang didapat.  Apa solusinya?  Dia memindahkan pencetakannya ke daerah yang dikenal sebagai daerah percetakan.  Dengan demikian, mudah menjalin kerja sama dengan percetakan lain.  Saat order banyak, ia tinggal memainkan margin untung dengan berbagi order.  Dengan cara itu, saat sepi order, ia sering “dilimpahi” pekerjaan dari percetakan lain.

Simplikasi Masalah

Tak jarang.  masalah besar timbul akibat masalah kecil dan sederhana.  Karena itu, kita perlu mensimplifikasi masalah.  Seperti ayat di atas, Yerikho memiliki masalah dengan sumber airmya.  Letak kotanya baik tetapi airnya tidak baik.  Di negeri itu sering ada bayi.  Mereka lalu meminta solusi pada Elisa.  Setelah mendengar cerita mereka, Elisa hanya minta pinggan baru dan garam di dalamnya.  la pergi ke mata air itu dan melemparkan garam untuk menyehatkannya.  Solusi sederhana dari Tuhan tapi luar biasa.  Lihat, Tuhan sangat kreatif sehingga mampu menghasilkan ide-ide lain dari yang lain.

Sebagai ciptaan-Nya, kita pasti bisa meng-hasilkan solusi di luar kotak.  Kadang kita sulit menemukan solusi bukan karena tidak bisa, tetapi karena malas berpikir dan maunya orang lain yang memberi berbagai solusi.  Berkat kedua, kita malu bertanya sehingga terus “tersesat”.

Jangan mempersulit diri dengan masalah-masalah sulit, yang sebenarnya mudah diselesaikan saat kita mau melakukan simplifikasi masalah.  Ambil waktu sendiri untuk memecahkan masalah dengan kepala dingin dan bergantung pada Tuhan, sehingga solusi pun datang.  (rie)

 

BACA JUGA:  Renungan Remaja 2 Raja-Raja 20: 12-21 (Lupa Diri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.