Renungan-Harian-17-Maret-2019
Renungan Harian Kis. 16: 31
17 Maret 2019
Renungan-Harian-18-Maret-2019
Renungan Harian Matius 10: 28
18 Maret 2019
Show all

Renungan Harian Remaja Efesus 6: 1-3 | Kuno, Ah!

Renungan-Harian-Efesus-6-1-3-Kuno-Ah


Renungan Harian Remaja Efesus 6: 1-3 | Kuno, Ah! Suatu hari, “Kuno. Itu kan zaman papa mama, zaman sekarang beda, tahu!” Ungkapan itu mungkin sering kita dengar saat saudara atau teman-teman kita memprotes nasehat orang tuanya. Atau, bisa jadi kita sendiri juga pernah ngucapin kata-kata seperti itu ketika dinasehati orang tua? Belum sempat menyimak apa yang dinasehatkan orang tua, kita langsung mengcounter dulu segala nasehatnya dengan bilang, “Pa, Ma, itu mah enggak cocok untuk zaman sekarang. Kuno lagi. Makanya sekali-kali ikut perkembangan zaman dong!”

Efesus 6: 1-3 | Kuno, Ah!

Guys, bisa saja orang tua kita marah karena merasa nasehatnya ditentang dan diabaikan. Namun di sisi lain, sebagai anak kita sendiri juga makin jengkel saat orang tua mengulang-ulang nasehat yang sama kepada kita. Ujung-ujungnya yang sering terjadi adalah ketidakcocokan hingga berakhir dengan pertengkaran-pertengkaran yang tak jarang nih, bukan saja melahirkan kekecewaan tetapi juga sikap membangkang dan memberontak terhadap orang tua.

Emang benar, zaman sudah berbeda dan tentu saja selera dan gaya hidup kita sebagai remaja beda pula dengan zaman ketika orang tua kita remaja. Perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang sudah pasti mengubah budaya dan peradaban. Mengapa? Sebab zaman terus berkembang sejalan dengan kemajuan dunia itu sendiri. Masalahnya, apa kalau zaman semakin maju berarti nasehat orang tua mengalami kadaluwarsa (expired)? Enggak, kan? Sampai kapan pun nasehat orang tua enggak ada kadaluwarsanya. Selalu memiliki maksud yang baik untuk anak-anaknya. Mana ada sih orang tua yang ngejerumusin anaknya?

FirTu dalam kitab Amsal yan telah ribuan tahun aja masih relevan hingga sekarang. Bahkan Amsal 1-8 menasehatkan setiap anak-anak harus mendengarkan didikan ayahnya dan tidak menyia-nyiakan ajaran ibu. Makanya Sobat muda, jangan buru-buru mengatakan nasehat ortu itu ketinggalan zaman alias kuno, apalagi menolaknya. Karena yang namanya nasehat itu tak pernah punah dimakan waktu. Nah, kenapa juga kita enggak coba melakukan nasehat ortu? Toh enggak ada ruginya, kok… (jun – Renungan Harian Remaja Efesus 6: 1-3 | Kuno, Ah!)

Baca juga: Renungan Harian Anak Yesaya 40: 11 | Gembala



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *