Renungan Harian Matius 6: 5-13 (Doyan Makan) Kuliner merupakan hal yang paling tren di kalangan kita. Kehadiran kuliner pun sangat banyak, sehingga seringkali kita menjadi tergoda untuk mencobainya. Adakalanya ketika kita menikmati suatu kuliner tertentu, rasanya ingin sekali mencobai kuliner lainnya seperti tak terhingga batasnya. Belum lagi ditambah beban stres di tempat kerja yang menjadikan kuliner sebagai pilihan untuk menghibur diri atau istilahnya adalah “stress-eating”.

Doyan Makan

Menikmati berbagai kuliner bukanlah dosa. “Segala sesuatu halal bagiku” (1 Kor. 6: 12), demikianlah firman Tuhan. Artinya kita sebagai manusia boleh menikmati berbagai kuliner sebagai bentuk nikmat syukur yang Tuhan berikan kepada kita. Namun, perlu diperhatikan bahwa segala sesuatu yang berlebih tidak baik. Makan kebanyakan akan membuat kita mengalami berbagai penyakit, seprti obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

 

Melalui Doa Bapa kami, kita diajari untuk mensyukuri makanan yang Tuhan berikan. “Berikanlah makanan kami yang secukupnya” artinya kita harus menjaga diri dari keserakahan. Kita harus mencukupkan diri atas apa yang kita makan. Tuhan tidak mau kita sakit karena makanan yang dikonsumsi terlalu berlebih. Tuhan mau berkat yang Tuhan berikan kepada kita, kita nikmati dengan secukupnya bukan berlebihan, apalagi dalam hal makan.

 

Karena itu salah satu upaya agar terhindar dari penyakit, kita perlu menguasai diri kita terutama dalam hal ini menguasai diri dari makan berlebih. Tuhan mau kita sehat. Tuhan tidak mau kita menyalahgunakan berkat-berkat yang Tuhan sediakan setiap harinya. Sejak saat ini, makanlah secukupnya! (ym)