Renungan-Harian-27-Mei-2019
Renungan Harian Zakaria 7: 9
Renungan-Harian-29-Mei-2019
Renungan Harian 1 Petrus 2: 8
Show all

Renungan Harian Matius 23: 13

Renungan-Harian-28-Mei-2019


Renungan Harian Matius 23: 13. “Jangan jadi orang yang munafik”. Anda pasti sering mendengarnya bukan? Atau mungkin anda sering mengatakannya kepada teman anda. Ya, tidak ada seorangpun yang suka dengan orang yang munafk. Bahkan Tuhan pun sangat benci dengan kemunafkan. Yesus sangat sangat keras sekali kepada orang-orang yang munafk seperti orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Yesus tidak hanya marah bahkan Yesus menyebut mereka dengan sebutan “orang neraka” (ayat 15), “pemimpin buta” (ayat 16), “orang bodoh dan buta” (ayat 17), “kuburan yang dilabur putih” (ayat 27), “ular beludak” (ayat 33). Panggilan ini bagi mereka sangat keras. Mengapa Yesus memanggil mereka demikian? Karena mereka munafk.

APAKAH ARTINYA?

Kemunafkan adalah seseorang yang mengatakan sesuatu tetapi melakukan sesuatu yang lain. Dengan kata lain orang munafk tidak melakukan apa yang dia katakan. Ini sangat jelas digambarkan pada pemimpin agama Israel (Matius 23:3).

Dalam Lukas 16:15, Yesus mengecam orang-orang Farisi yang munafk dengan mengatakan “Kamu terlihat benar di depan umum, tapi Allah mengetahui hatimu. Apa yang dihormati bagi dunia, sangat menjijikan bagi Tuhan.” Orang Farisi mengatakan mereka mencintai Tuhan, tapi mereka tidak menunjukannya. Mereka terlihat baik bagi orang lain, tapi dihati mereka penuh dengan kebanggan dan kemunafkan. Mereka mencintai uang dan membanggakan tentang amal mereka, namun mereka hanya sediki membantu orang lain. Akhirnya, kemunafkan mereka berasal dari penolakan mereka terhadap Yesus. Kebenaran sejati tidak berasal dari menjalankan hokum tapi melalui iman di dalam Kristus (Roma 3:22) Tuhan membenci kemunafkan (Mazmur 26:4).

Orang Kristen harus menjalani kehidupan yang otentik dan asli. Seperti apa kita di depan orang, begitupula kita ketika sendiri. Kita harus lebih peduli hubungan kita dengan Tuhan disbanding apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Jangan jadi orang munafk. Itu adalah nama yang tidak ingin kamu dengar!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Baca Matius 23 untuk melihat seperti apa kemunafkan orang Farisi dan baca tentang sikap hati yang harusnya anda hindari.

TAHUKAH ANDA?

Dalam bahasa Inggirs kata hypocrite artinya munafk berasal dari kata Yunani hypocrites, yang artinya “bermain-aktor”. Kata ini biasanya digunakan pada saat pertunjukkan, seorang actor yang memerankan sebuah karakter yang berbeda dari kehidupan aslinya.

baca juga: Renungan Harian Remaja Efesus 6:1-3 | Hormati Orang Tua

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *