Khotbah Kristen Kejadian 37: 1-36 | Ayah yang berfungsi dalam keluarga

Khotbah-Kristen-Ayub-20-Ketika-hidup-terasa-tidak-sesuai-harapan
Khotbah Kristen Ayub 20 | Ketika hidup terasa tidak sesuai harapan
Khotbah-Kristen-Amsal-17-17-Persahabatan
Khotbah Kristen Amsal 17: 17 | Persahabatan
Show all

Khotbah Kristen Kejadian 37: 1-36 | Ayah yang berfungsi dalam keluarga

Khotbah-Kristen-Kejadian-37-1-36-Ayah-yang-berfungsi-dalam-keluarga


Khotbah Kristen Kejadian 37: 1-36. Saya tidak tahu apakah Anda bangga dengan ayah Anda, apakah Anda mengagumi ayah Anda? Alkitab mencatat kisah seorang ayah yang tidak berfungsi di dalam keluarganya yaitu yakub.

Apa buktinya?

Yakub pilih kasih terhadap anak-anaknya (kejadian 37:3)

Seorang bapak yang baik seharusnya tidak pilih kasih, tidak memeda-bedakan anak. Seharusnya dia mengasihi seluruh anaknya. Oleh karena kecemburuan itu timbullah kebencian diantara anak-anaknya, pertikaian diantara keluarganya.

Namun sayangnya yusuf tidak mau ikut campur akan permasalahan di keluarganya ini. Yakub menutup mata terhadap pertikaian keluarganya.

Ada banyak ayah sekarang ini yang tidak berfungsi dalam keluarga. Ayah yang diam saja, tidak menyelesaikan masalah. Ayah yang tidak memberikan didikan kepada anaknya. Ayah yang otoriter. Ayah yang menelantarkan anaknya.

Kegagalan seorang ayah menjalankan fungsi sebagai bapa mengakibatkan banyak anak yang hidupnya menyimpang. Terlibat narkoba, seks bebas, salah pergaulan, dsb.

Kehadiran ayah secara fisik dan emosi sangat dibutuhkan dalam keluarga.

Lalu apa yang harus dilakukan seorang ayah?

  • Seorang ayah harus menyediakan waktu untuk keluarga. Waktu untuk istri, untuk anak, berkumpul, ngobrol, bermain bersama dan memiliki family time yang berkualitas.
  • Tunjukkanlah perhatian yang sungguh-sungguh kepada anak dan istri. Bangun hubungan yang intim dengan istri dan anak.
  • Berikan disiplin dan pujian. Sebagai seorang ayah harus lembut dan tegas. Anak salah harus di disiplin. Begitu pula pujian juga harus diberikan untuk memberikan motivasi kepada anak.
  • Cintai dan hargai istri didepan anak. Jangan rendahkan dia. Cintai dia dengan sepenuh hati. Kalau bertengkar jangan didepan anak.
  • Menjadi contoh yang dapat diteladani. Ayah adalah teladan bagi seorang anak. Buanglah kebiasaan-kebiasaan buruk mu agar anakmu dapat meneladani apa yang baik dari ayahnya.

Ketika kita tidak menemukan figur bapa di dunia ini. Ingatlah bahwa bapa di surga adalah bapa yang mengasihi kita dan Dia adalah figur yang sempurna untuk menjadi teladan bagi kita.

Pengkhotbah: Pdt. Jhonny S. Wihu
Khotbah Kristen Kejadian 37: 1-36 | Ayah yang berfungsi dalam keluarga

Baca juga: Khotbah Kristen Galatia 6:14 | Bermegah Dalam Salib Kristus

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *