Renungan Harian Kejadian 5: 28-29 | Kehadiran Anda Sangat Dibutuhkan Oleh Dunia

Kumpulan-Renungan-Harian-Anak-Sekolah-Minggu
Renungan Anak Yohanes 14: 15-18 (Tidak Ditinggalkan)
Kumpulan-Renungan-Harian-Anak-Sekolah-Minggu
Renungan Anak Efesus 6: 10-17 (Ada Kesetiaan, Ada Upah)
Show all

Renungan Harian Kejadian 5: 28-29 | Kehadiran Anda Sangat Dibutuhkan Oleh Dunia

Renungan-Harian-Kejadian-5-28-29-Kehadiran-Anda-Sangat-Dibutuhkan-Oleh-Dunia

Renungan-Harian-Kejadian-5-28-29-Kehadiran-Anda-Sangat-Dibutuhkan-Oleh-Dunia



Renungan Harian Kejadian 5: 28-29 | Kehadiran Anda Sangat Dibutuhkan Oleh Dunia.  “Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki, dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: *”Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan* dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”

Keadaan manusia di bumi pada jaman Nuh,  penuh kejahatan. “Terjadi kejahatan besar yang dilakukan manusia di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata.” Kejadian 6:5

Nuh dilahirkan  dan dihadirkan oleh Tuhan di bumi untuk memberikan sesuatu yang berarti.

Nama Nuh lebih dari sekedar nama. Kehadiran Nuh dinubuatkan oleh Tuhan melalui  orangtuanya Lamekh,  menjadi penghiburan di tengah orang-orang dunia yang jahat.

Kehadiran Nuh menjadi secercah harapan ditengah dunia yang gelap dan jahat pada masa itu.

Sampai-sampai dikatakan “maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi dan hal itu memilukan hatinya.” Kejadian 6:6

Siapapun nama Anda, kelahiran Anda, kehadiran Anda di dunia ini memberikan juga secercah harapan dan memberi penghiburan bagi keluarga Anda, bagi tempat kerja Anda, bagi tempat pelayanan Anda,  bagi orang-orang lain dimana Anda ditempatkan disana.

Meskipun orang-orang di sekitar Anda belum hidup selaras dengan kehendak Tuhan. Karena bagi Tuhan yang penting masih ada Anda disana. Karena Anda adalah utusan Tuhan,  dan Dia menempatkan Anda untuk menjadi terang dan menjadi saluran berkat bagi mereka.

Kondisi dunia sekarang ini tidak jauh berbeda dengan dunia pada jaman Nuh. Yesus sudah menubuatkan tentang akhir zaman sebagai berikut;

“Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.” Matius 24:37-38

Nuh dan keluarganya takut kepada Tuhan, namun orang-orang yang hidup sejamannya, tidak takut pada Tuhan.

Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu, kita harus hidup sebagaimana Nuh telah hidup.

“Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela diantara orang-orang sejamannya, dan Nuh hidup bergaul karib dengan Allah.” Kejadian 6:9

Kunci sukses Nuh, juga menjadi kunci sukses bagi Anda dan saya. Yaitu ketika Nuh diperintah Tuhan untuk membuat Bahtera di puncak gunung,  dan hal itu sebenarnya sesuatu yang mustahil baginya.

Namun apa yang dilakukan oleh Nuh? Nuh TAAT pada perintah Tuhan.

Kemudian apa yang dilakukan Nuh; *”Lalu Nuh melakukan semua itu tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya,* demikianlah dilakukannya.” Kejadian 6:22

Kesimpulan dari semua itu, siapapun Anda,  Tuhan mau memakai kehadiran Anda di dunia ini,  untuk maksud dan rencanaNya, yaitu agar melalui hidup Anda, kasih anugerah dari Tuhan Yesus dapat di hadirkan di dunia dan kuasa Tuhan Yesus dinyatakan. Agar semua orang jangan sampai binasa dalam dosa-dosa mereka seperti pada jaman Nuh, yang tidak ada satupun orang selamat dari air bah, kecuali keluarga Nuh.

Natal sudah usai, namun tugas  mulia menanti Anda dan saya.

Jangan santai-santai, karena “air bah” akan segera tiba. Jadikan diri Anda “bahtera Nuh” untuk lebih banyak membawa jiwa-jiwa datang pada Tuhan Yesus.

 

*APLIKASI*

  1. Apakah Anda tahu bahwa ada maksud Tuhan menempatkan Anda di dunia ini?
  2. Kalau Anda sudah tahu, langkah apa yang akan Anda ambil untuk mewujudkan nubuat dari Tuhan untuk hidup Anda?

 

*KOMITMEM PRIBADI*

Aku menjadi tahu sekarang bahwa aku dilahirkan dan dihadirkan di dunia ini untuk memberi harapan bagi kehidupan banyak orang.

 

*DOA*

Tuhan, aku siap dipakai Tuhan, supaya melalui hidupku, banyak orang diselamatkan melalui “bahtera Nuh” hidupku ini. Amin.

 

Penulis: Natanael Agus Pratono

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *