Khotbah Kristen Galatia 6:14 | Bermegah Dalam Salib Kristus

29.-Renungan-Harian-Remaja-Filipi-3-4-14-Telat-Rugi
Renungan Harian Remaja Filipi 3:4-14 | Telat? Rugi!
2017
30.-Renungan-Harian-Remaja-2-Timotius-3-10-17-Tak-Berubah
Renungan Harian Remaja 2 Timotius 3:10-17 | Tak Berubah
2017
Show all

Khotbah Kristen Galatia 6:14 | Bermegah Dalam Salib Kristus

Galatia-6-14-Bermegah-Dalam-Salib-Kristus

Khotbah Kristen Galatia 6:14 | Bermegah Dalam Salib Kristus. Apa yang paling kita banggakan dalam hidup kita? Apa yang paling sering kita bicarakan ke orang-orang? Mungkin kita membanggakan anak kita, ada juga yang membanggakan badannya yang bagus, lekuk tubuhnya yang menawan, parasnya yang cantik dan rupawan, ada juga yang membanggakan pacarnya tinggi dan ganteng.

Jikalau pertanyaan ini ditanyakan kepada rasul paulus, maka jawabannya akan kita temukan di dalam galatia 6:14

Paulus tidak membanggakan apapun dari dirinya sendiri, meskipun dia memiliki sesuatu yang patut untuk dibanggakan, Anda bayangkan dia bisa menghafal kitab taurat sejak remaja, dia memiliki pelayanan yang luar biasa, pengalaman rohani yang spektakuler ketika rohnya sempat diangkat ke surga, dan mengalami surga. Tetapi dia tidak membanggakan hal itu. Dia mengatakan singkat dan tegas, kebanggaan dia satu-satu nya adalah salib Kristus.

Pada jaman itu, salib adalah simbol penghukuman yang paling kejam, orang yang disalib dibiarkan mati secara perlahan-lahan.

Mengapa salib Kristus sangat penting bagi iman kita?

Karena salib Kristus adalah intisari dari injil dan injil adalah intisari dari kita. Saliblah yang mendefinisikan apa itu injil. Tanpa salib tidak ada injil. Tanpa injil tidak ada iman kristen.

Agama pada pokoknya mengajarkan bahwa ketaatan adalah syarat akan keselamatan. ‘Saya taat kepada Tuhan supaya diselamatkan’ Tetapi injil sebaliknya. ketaatan adalah respon yang muncul karena kita telah diselamatkan. ‘Saya diselamatkan maka saya taat kepada Tuhan’

Apa buktinya kita memahami dan mengalami salib Kristus?

Orang yang dijamah salib, pasti dengan jelas meresapi kaitan salib dengan dirinya pribadi. Yaitu kita dengan sadar melihat salib sebagai sesuatu yang terjadi karena dan bagi diri kita. Orang yang dijamah oleh salib, akan mengalami kehancuran dan kebahagiaan yang nyata sekaligus.

Pernahkah didalam hidupmu sungguh-sungguh engkau merasa hancur hatimu karena dosamu, tetapi engkau juga bahagia karena salib Kristus telah menyelamatkanmu?

Mengapa kita perlu bermegah akan salib Kristus?

Dalam bahasa aslinya bemegah menggunakan kata “kauchaomai” yaitu berarti engkau menganggap dan membutuhkan sesuatu yang penting sehingga itu menjadi dasar atau sumber didalam hidupmu.

Engkau menganggap dan membutuhkan salib Kristus sebagai dasar dan sumber bagi hidupmu. Karena salib adalah bukti jelas bahwa Bapa mengasihimu, Bapa tidak akan meninggalkan mu. (Khotbah Kristen Galatia 6:14 | Bermegah Dalam Salib Kristus – Ev. Jimmy Setiawan)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *