Renungan-Harian-Roma-8-28-Pendengaran
Renungan Harian Roma 8: 28 | Pendengaran
22 Maret 2019
Kasihilah-Musuhmu-Mungkinkah
Kasihilah Musuhmu: Mungkinkah?
23 Maret 2019
Show all

Renungan Harian Yohanes 3: 3

Renungan-Harian-23-Maret-2019


Renungan Harian Yohanes 3: 3. Lelaki kaya itu merayap melewati jalan-jalan gelap, memandang dari balik bahunya ke setiap belokan. Dia bergegas melewati lampu jalanan, berharap tidak ada orang yang  memperhatikannya ketika dia pergi untuk berbicara dengan pria kontroversial dari Nazaret.

Nikodemus datang kepada Yesus secara diam-diam di malam hari. Nikodemus adalah seorang Farisi dan anggota Sanhedrin, kelompok penguasa berjumlah tujuh puluh yang memiliki kekuasaan dan pengaruh atas semua urusan agama di Israel. Tetapi Nikodemus berbeda dari kebanyakan orang Farisi.

Hatinya tidak mengeras kepada Yesus. Dia ingin mendengar lebih banyak dari pria yang mengaku sebagai Mesias ini. “Rabi,” katanya ketika dia menyapa Yesus malam itu, “kita semua tahu bahwa Allah beserta kamu” (Yohanes 3: 2). Nikodemus berada di jalan yang benar, tetapi dia belum sepenuhnya memahami siapa Yesus itu. Alih-alih memanggilnya “Rabi” (“guru”), ia seharusnya memanggilnya “Tuhan.” Yesus benar pada intinya. “Kecuali kamu dilahirkan kembali,” kata Yesus dalam ayat hari ini, “kamu tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Nikodemus menggaruk kepalanya. “Maksud kamu apa?” Dia bertanya. “Bagaimana mungkin seorang lelaki tua kembali ke rahim ibunya dan dilahirkan kembali?” (Yohanes 3: 4)

APAKAH ARTINYA?

Mungkin Anda sama bingungnya dengan Nikodemus tentang kata-kata “dilahirkan kembali.” Jangan khawatir. Yesus tidak berbicara tentang kelahiran fsik kedua. Anda tidak akan lagi harus minum dari botol bayi, memakai popok, atau digendong oleh pengasuh. Arti “dilahirkan kembali” yang Yesus maksud adalah kelahiran kembali rohani – hati yang berubah. Semua manusia berdosa (Roma 3:23).

Hati kita sakit karena dosa, dan kita pantas mati (Roma 6:23). Tetapi dalam belas kasihan-Nya, Allah dengan penuh kasih menjangkau dan mengubah hati orang-orang untuk membantu mereka mengenali kebutuhan mereka yang mendesak akan seorang Juru Selamat. Inilah artinya dilahirkan kembali. Ini adalah transformasi spiritual yang dilakukan oleh Tuhan yang mencintai Anda lebih dari yang dapat Anda bayangkan. Itu kabar baik!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Untuk memahami konsep dilahirkan kembali, mintalah Tuhan untuk memberi Anda hikmat pengertian.. dan pastikan untuk membaca renungan besok! Topik ini sangat penting dan telah dibagi menjadi dua hari renungan.

TAHUKAH ANDA?

Tampaknya Nikodemus akhirnya percaya pada Yesus. Dia menegur rekan-rekan Farisi karena perlakuan mereka terhadap Yesus (Yohanes 7: 50-51), dan dia membantu mengubur Juruselamat setelah Penyaliban (Yun 19: 39-40).

Baca juga: Renungan Harian Anak Yohanes 16: 4b-7 | Tuhan Memberi Penghiburan



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan