renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Yohanes 1: 41

Renungan Harian Yohanes 1: 41. Apakah yang paling anda tunggu setiap tahunnya? Natal? Hari ulang tahun anda? Waktu liburan? Waktu dapat THR? Orang Yahudi sangat menunggununggu kedatangan sang Mesias. Mereka selama 600 tahun terakhir hidup dibawah kekuasaan asing seperti Babel, Persia, Yunani, dan Romawi. Mereka sangat haus akan kebebasan dan kemerdekaan. Mereka sangat menantikan kedatangan Mesias. Luk. 3:15, dalam Kisah Baptisan Yesus, mencatat, “Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya
dalam hatinya tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias.” Jadi dalam Yoh. 1:41, Anda dapat mengerti seberapa gembira Andreas ketika ia memberitahu kepada Petrus mengenai perjumpaan pertamanya dengan Yesus, “Kami telah menemukan Mesias!”

APAKAH ARTINYA?

Apakah artinya Yesus sebagai “Mesias”? Mesias bukan berarti “juruselamat” atau “tuhan”. Dalam Bahasa Ibrani, kata “Mashiach” itu berarti “yang diurapi.” “Yang diurapi” berarti adalah seseorang yang dipilih Allah untuk melakukan sebuah tugas yang spesial. Raja-raja dalam Perjanjian Lama seperti Saul, Daud, dan Salomo adalah orang yang diurapi. Begitupula dengan nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Tidak ada satupun Raja Israel yang dapat secara sempurna menuruti taurat Tuhan dan secara sempurna menggembalakan umat Allah. Meskipun raja yang hebat seperti Daud memiliki kelemahan yang serius. Sang Raja “yang diurapi” sangatlah dibutuhkan. Akhirnya, Yesaya, Yeremia, dan nabi-nabi dalam perjanjian lama memprediksikan kedatangan Mesias yang sempurna yang akan menyelamatkan umat Manusia dan memulihkan kerajaan Allah.

Kalau anda mulai pusing, jangan binggung, karena paragraf diatas merangkum ribuan tahun sejarah orang Yahudi dalam beberapa kalimat. Inilah yang perlu anda pahami: Yesus adalah Mesias yang dijanjikan itu. Melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Ia secara sempurna menggenapi nubuatan mesianik (tentang Mesias) yang ada di Alkitab. Ia-lahyang diurapi, Raja yang sempurna!

BACA JUGA:  Renungan Harian 1 Timotius 6: 17-19 | Sayap Merpati

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Lihatlah beberapa nubuatan mesianik dalam Perjanjian Lama: Yesaya 7:10-17; 9:1-6; 61:1-2; Yeremia 23:5-6; Daniel 9:24-27; dan Zakaria 3:8

TAHUKAH ANDA?

Nabi-nabi dalam perjanjian lama yang berbicara mengenai kedatangan Mesias, juga begitu merindukan kedatangan Mesias. Tetapi kita bersyukur bahwa, “Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka.” (1 Petrus 1:12) (Renungan Harian Yohanes 1: 41)

Baca juga: Renungan Harian Remaja Yohanes 13: 1-20 | Kerendahan Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *