renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 29 Juni 2022: Markus 13: 33-37 (Sudah Bertanggung Jawab?)

Renungan Harian Markus 13: 33-37 (Sudah Bertanggung Jawab?) Apakah kita seorang yang bertanggungjawab dalam pekerjaan? Apakah sebenarnya arti tanggung jawab bagi kita? Tanggung jawab berarti memikul semua kewajiban dan beban pekerjaan sesuai dengan batas-batas yang ada dalam job description. Jadi, siapa pun dan apa pun profesi kita, kita wajib bekerja sesuai tanggung jawab dan tidak melewati batas-batas tanggung jawab yang ada. Jika kita karyawan perusahaan, bila bekerja melampaui tanggung jawab, kita pasti akan melanggar internal kontrol dan etika bisnis perusahaan. Jadi, setiap karyawan harus patuh dan bekerja sesuai dengan pekerjaan yang diberikan perusahaan dan sebatas tugas dan tanggung jawab yang diperbolehkan oleh perusahaan.

Sudah Bertanggung Jawab?

Firman Tuhan juga memaknai pentingnya tanggung jawab kepada orang-orang yang mendapatkan kepercayaan dalam bekerja. Dalam perumpamaan hari ini, Tuhan menggambarkan diri-Nya sebagai pemilik rumah yang sedang bepergian dan memberi tanggung jawab kepada para hambanya. Apakah para hamba itu dapat dipercaya dan telah bekerja sesuai tanggung jawab yang diberikan? Tuan tersebut baru bisa mengetahuinya setelah pulang ke rumahnya. Mereka tentu tak menduga kedatangan sang tuan karena memang ia tidak memberiyahukan sebelumnya, kapan ia akan kembali. Itulah sebabnya Yesus berpesan, “Berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur”.

 

Kita, seorang yang bertanggung jawab atau tidak bisa dikethaui dari sikap kita, ketika taka da seorang pun yang mengawasi. Apakah kita sudah bekerja dengan penuh tanggung jawab? (sam)

 

BACA JUGA:  Khotbah Kristen Markus 12: 41-44 | Semua adalah milik Tuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.