Renungan Harian Sekolah Minggu Mazmur 150 | Haleluya!

Renungan-Harian-21-April-2019
Renungan Harian 2 Timotius 2: 25
Renungan-Harian-22-April-2019
Renungan Harian Matius 5: 44-45
Show all

Renungan Harian Sekolah Minggu Mazmur 150 | Haleluya!

Renungan-Harian-Sekolah-Minggu-Mazmur-150-Haleluya!


Renungan Harian Sekolah Minggu Mazmur 150 | Haleluya! Di dunia ini sebenarnya terdapat ribuan gunung berapi tapi hanya ada 6 yang disebut sebagai supervolcano karena letusan dan erupsinya yang sangat dasyat. Saking dasyatnya, letusannya bahkan bisa menjebol lapisan bebatuan dan membuat wilayah sekitarnya menjadi berlubang (disebut kaldera).

Nah dari 6 supervolcano itu tahukah Adik-adik ternyata salah satunya ada di Indonesia lo. Ya! Namanya Supervolcano Toba atau dikenal juga dengan nama The Great Toba.

Letusan pertama sekitar 840 juta tahun lalu menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah prapat dan Porsea.

Letusan kedua yang lebih kecil, terjadi 500 juta tahun lalu dan membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol.

 

Letusan ketiga dan yang paling besar terjadi 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba yang sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Efek letusan Supervolcano Toba menyebabkan turunnya suhu bumi yang drastis dan menghancurkan populasi nenek moyang manusia. Hanya dengan meletusnya sebuah gunung, seluru makhluk hidup di dunia ini terkena dampaknya.

Sungguh luar biasa Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Haleluya!

Pertanyaan:

Ada berapa kata ‘pujilah’ dalam bacaan kita hari ini?

Apa yang bisa Adik-adik lakukan untuk menghargai alam ciptaan Tuhan?

Baca juga: Renungan Harian Matius 20:29-34 | Yesus Mesias

Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *