Renungan Harian Roma 6:1-14 | Penyalahgunaan Kasih Karunia

Renungan Pagi - Penderitaan dan Dosa
Renungan Pagi Lukas 13:1-9 | Penderitaan dan Dosa
2017
Renungan Harian - Dari benci menjadi cinta
Renungan Pagi 2 Korintus 5:16-21 | Dari Benci Menjadi Cinta
2017
Show all

Renungan Harian Roma 6:1-14 | Penyalahgunaan Kasih Karunia

Renungan Harian - Penyalahgunaan Kasih Karunia


Renungan Harian Roma 6:1-14. Bahan saat teduh ini dimulai dengan pertanyaan untuk mendalami pembacaan Alkitab kita. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan baik.

  1. Dengan cara bagaimanakah kasih karunia itu bisa disalahgunakan? (ayat 1)
  2. Apakah Anda melihat hal tersebut dalam kehidupan orang-orang Kristen masa kini? Bagaimana tanggapan Paulus mengenai penyalahgunaan kasih karunia itu? (ayat 2)
  3. Jika seseorang hidup dalam kasih karunia Allah, apa yang terjadi dengan kuasa dosa (yaitu kecenderungan berbuat dosa) yang ada di dalam dirinya?(ayat 6)
  4. Kristus telah membebaskan kita dari kuasa dosa (ayat 7-11)
  5. Jika demikian, bagaimana seharusnya sikap kita terhadap dosa? (ayat 12)
  6. Bagaimana seharusnya kita menggunakan tubuh kita? (ayat 13)

Penyalahgunaan Kasih Karunia

Sebagai orang Kristen, sering kali kita lebih suka memanfaatkan besarnya (baca: kuantitas) kasih karunia Allah, namun mengabaikan kuasa (baca: kualitas) yang ada didalam kasih karunia itu. Akibatnya, kita terus-menerus melakukan perbuatan dosa sambil meminta kasih karunia Allah untuk mengampuninya, namun kita tidak pernah menggunakan kasih karunia Allah itu untuk menghentikan perbuatan dosa kita.

Allah memberikan kasih karunia-Nya didalam Kristus, bukan supaya kita bisa terus menerus berbuat dosa dan mendapatkan pengampunan. Allah memberikan kasih karunia-Nya didalam Kristus, supaya kita berhenti berbuat dosa dan hidup dalam kebenaran. Jadi, kita memang harus melakukan sesuatu, yaitu menyerahkan anggota tubuh kita kepada Allah untuk menjadi senjata kebenaran. Itulah satu-satunya cara agar kita tidak lagi berjalan ditempat, dan selalu jatuh di lubang yang sama.

Dosa dan kebiasaan buruk apakah yang masih mengikat Anda sampai saat ini? Akuilah kepada seseorang yang dapat Anda percaya dan mintalah agar ia mendoakan Anda dan mementor Anda!

Rencanakan sebuah tindakan konkrit menyerahkan anggota-anggota tubuh Anda untuk menjadi “senjata-senjata” kebenaran! [GKBJ – RenunganHarianKristen.Com]

Kasih karunia Allah bukan hanya mampu menghapuskan dosa kita, melainkan juga mampu membebaskan kita dari kuasa dosa yang memperbudak kita.


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *