renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Roma 5: 18

Renungan Harian Roma 5: 18. Mari kita berbicara tentang lawan kata. Tinggi vs rendah. Cepat vs lambat. Kaya vs miskin. Kurang vs lebih. Basah vs kering. Bumi vs langit. Senang vs sedih. Baik vs buruk. Begitu banyak hal yang berlawanan di dunia ini. Setiap hal yang berlawanan satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan yang begitu jelas. Seperti Adam dan Yesus. Mungkin kita tidak pernah berpikir bahwa Adam dan Yesus itu saling berlawanan. Ada bagian-bagian dalam Alkitab yang begitu mencolok menjelaskan mengenai hal ini, Roma 5:15-21, yang menjelaskan mengenai perbedaan yang ekstrim di antara keduanya.

Adam telah gagal. Sebenarnya Adam memiliki permulaan yang begitu sempurna – ia hidup di taman Eden, untuk alasan yang baik! – tetapi ia membuang semuanya itu ketika secara bodoh memilih untuk melanggar perintah Allah. Setelah itu, dosa menghancurkan hidup manusia dan menghancurkan segalanya. Manusia bergumul dengan natur dosa yang tetap ada pada dirinya. Di saat itulah Yesus hadir dalam kehidupan manusia.

APAKAH ARTINYA?

Yesus memberikan hal yang berlawanan dengan yang dosa berikan. Dosa menghasilkan rasa sakit, kemarahan, kebencian, perselisihan, kematian, dan keterpisahan kekal dari Allah di dalam neraka. Tetapi Yesus menyediakan pemulihan, sukacita, kasih, kedamaian, kehidupan, dan persekutuan kekal antara manusia dengan Allah di Surga. Keduanya begitu berbeda drastis. Walaupun konsekuensi dosa begitu mengerikan, tetapi berkat dari pengurbanan Yesus lebih ajaib dari itu semua (lihat ayat hari ini). Jika perbuatan dosa Adam begitu sempurna, tindakan kasih Yesus kepada kita pun begitu sempurna. Keduanya sangat berlawanan. Seperti yang dikatakan dalam Roma 5:15, “Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua
orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. Dosa satu orang membawa rasa sakit, hukuman, dan kematian. Tetapi Satu Orang (Yesus) yang berkurban bagi kita membawa kasih, pengampunan, dan kehidupan.

BACA JUGA:  Renungan Harian Yohanes 5: 39-40

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Bacalah Roma 5:12-21 untuk mengerti perbedaan yang begitu mencolok antara Adam dan Yesus.

TAHUKAH ANDA?

Dapatkah orang-orang dalam Perjanjian Lama seperti Nuh, Abraham, Musa, Daud, dan Daniel (yang hidup setelah dosa Adam dan sebelum pengurbanan Yesus) diselamatkan? Ya! Meskipun Yesus belum datang dan berkurban dalam masa Perjanjian Lama, keselamatan tetap tersedia bagi orang-orang dalam Perjanjian Lama yang beriman menantikan kedatangan Sang Juruselamat. Lihatlah Ibrani 11, khususnya ayat 13, untuk mempelajari ini lebih lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.