Renungan Harian Remaja Amsal 31: 1-9 | Nasihat Bagi Pemuda

Renungan-Harian-Remaja-Mazmur-30-Kemarahan-Sesaat
Renungan Harian Remaja Mazmur 30 | Kemarahan Sesaat
2018
Renungan-Harian-Remaja-Ibrani-6-9-20-Tipisnya-Iman
Renungan Harian Remaja Ibrani 6: 9-20 | Tipisnya Iman
2018
Show all

Renungan Harian Remaja Amsal 31: 1-9 | Nasihat Bagi Pemuda

Renungan-Harian-Remaja-Amsal-31-1-9-Nasihat-Bagi-Pemuda

Renungan Harian Remaja Amsal 31: 1-9. Masa muda adalah masa yang kritis dan juga krisis bagi diri seorang manusia. Masa muda bisa jadi sebagai masa yang penuh harapan, namun bisa juga menjadi masa yang penuh kesusahan.  Mengapa?  Karena masa ini adalah masa yang penuh energi untuk mewujudkan masa depan cemerlang, dan juga masa yang penuh dengan berbagi godaan.

Jika kita seorang pemuda, tentu kita memiliki energi yang berapi-api untuk mewujudkan masa depan atau harapan kita.  Namun tak jarang berbagai godaan yang berat selalu saja berusaha melunturkan semangat juang kita.  Godaan itu di antaranya adalah wanita (seks sebelum menikah), “Jangan berikan kekuatanmu kepada perempuan, dan jalanmu kepada perempuan-perempuan yang membinasakan raja-raja.”

Ayat ini berbicara tentang adanya godaan yang sungguh berat, yang biasanya akan menggoda para pemuda saat berjuang mencapai masa depan.  Seks, yang biasanya dan juga hawa nafsu, adalah godaan yang dapat meluluhkan daya juang seorang pemuda dalam menggapai cita-citanya.

Godaan selanjutnya adalah anggur (minuman keras), “tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras, jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.”  Di samping berbicara tentang bahayanya godaan minuman keras, ayat ini sebenarnya juga berbicara tentang bahayanya kalau seorang pemuda sampai kecanduan narkoba, karena daya juangnya akan mudah hancur di tengah sebelum cita-citanya tercapai.

Sobat, firman Tuhan juga berkata, “Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanya.  Biarlah ia duduk sendirian dan berdiam diri kalau TUHAN membebankannya” (Rat. 3:27-28). Nah para pemuda, berhati-hatilah dengan berbagai godaan di sekitarmu.  Sekali kita lengah, maka masa depan dan cita-cita yang telah kita perjuangkan dapat buyar dalam sekejap.  Karenanya, sertakanlah Dia dalam segala lakumu dan berhati-hatilah dalam pergaulan agar tidak mudah terjerumus dalam berbagai godaan!  Setuju? (Renungan Harian Remaja Amsal 31: 1-9 | Nasihat Bagi Pemuda)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *