Renungan Mazmur 102-12-Buang Sampah Untuk Kesehatan Diri
Renungan Mazmur 102-12-Buang Sampah Untuk Kesehatan Diri

Renungan Mazmur 102: 12 | Buang Sampah Untuk Kesehatan Diri

Renungan Mazmur 102: 12 | Buang Sampah Untuk Kesehatan Diri . Pagi ini Ani membuka mata namun tidak beranjak dari tempat tidurnya. Badannya terasa berat dan nafasnya pun sesak. Lama ia berdiam menatap langit-langit kamarnya dengan perasaan berat dan pikiran kacau. Akhir-akhir ini ia sulit tidur bahkan kegiatan sehari-harinya juga terganggu. Ternyata beberapa bulan terakhir Ani memendam amarah dan kecewa yang belum bisa dilepaskannya.

Emosi negatif mirip dengan sampah, jika lama tidak dibuang maka akan membusuk dan mencemari rumah kita dengan bau serta mengundang lalat penyebab berbagai macam penyakit. Ternyata, bukan hanya sampah rumah tangga, tetapi ‘sampah’ di dalam diri juga perlu dibuang demi kesehatan roh, jiwa dan tubuh kita.

Firman Tuhan hari ini menggambarkan bagaimana Tuhan memilih untuk mengampuni kita dengan menjauhkan atau membuang jauh-jauh dosa pelanggaran kita seperti sampah yang tidak berguna. Firman Tuhan tentu tidak mengajarkan sesuatu tanpa tujuan. Tuhan pasti tahu bila menyimpan emosi negatif tidaklah sehat sehingga Tuhan sendiri memberi contoh dengan memilih untuk mengampuni kita.

Tentu kita sudah sangat tahu bahwa Tuhan mengajarkan kita untuk mengampuni. Namun seringkali kita kesulitan untuk melakukannya karena apa yang kita alami mungkin terlalu berat dan menyakitkan sehingga butuh waktu lebih bagi kita untuk memilih mengampuni. Mungkin kita sudah berdoa dan berusaha mengampuni tapi seolah tidak ada perubahan. Kita justru semakin tidak terima dengan keadaan dan segalanya tampak semakin berat dan sulit.

Bila terasa terlalu berat dan sulit, tidak apa-apa. Tetap datang kepada Tuhan dengan apa adanya diri kita. Tuhan tahu kamu tidak mampu tetapi asal kamu mau. Tuhan akan membantumu membersihkan hatimu, pikiranmu dan jiwamu dengan mengatasi sampah-sampah yang tidak sanggup kamu buang sendiri.

BACA JUGA:  Renungan Harian Mazmur 112: 6-8 | Tidak takut

Bila apa yang kamu alami saat ini mungkin sulit dimengerti akal pikiranmu, tetap ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah merancangkan kecelakaan. Dia sangat mengasihimu dan selalu ada maksud Tuhan dibalik setiap kejadian. Tidak perlu menyimpan sampah yang tidak lagi berguna untuk kita.

 

RENUNGAN

Mengampuni bukan hanya karena kita telah diampuni.
Mengampuni sama seperti membuang sampah demi kesehatan diri.

 

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, Engkau tahu kami tidak mampu tapi tolonglah kami sebab kami mau untuk mengampuni (sebutkan nama-nama mereka). Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin”

 

 Penulis: Rosetta Puspasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *