renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Matius 7: 12

Renungan Harian Matius 7: 12. Tidak ada penolakan akan hal ini: Selama Yesus ada di dunia ini, Ia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang sulit untuk di pahami. Dalam beberapa kesempatan dalam masa pelayananan-Nya, beberapa pengajaran Yesus membuat beberapa orang kebinggungan. Bahkan murid-murid-Nya sendiri mengalaminya. Yesus berkata-kata demikian untuk memisahkan pengikut-Nya yang sejati dari pada penipu yang membohongi.

Tetapi beberapa kali juga Yesus mengambil hal yang sulit dan membuatnya menjadi begitu sederhana. Matius 7:12 adalah contoh yang baik. Selama khotbah-Nya di bukit, Yesus menyimpulkan seluruh pengajaran Perjanjian Lama mengenai bagaimana memperlakukan orang lain dalam sebuah kalimat yang terkenal: “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.” Kita menyebut ini sebagai prinsip emas (golden rule).

APAKAH ARTINYA?

Orang Yahudi pada zaman itu memiliki banyak aturan yang harus mereka ikuti. Tidaklah mungkin bagi mereka untuk mengingat – apalagi melakukan – semua aturan tersebut. Ketika kita berbicara mengenai bagaimana seharusnya kita memperlakukan orang lain, Yesus mengajarkan untuk tanyakan satu pertanyaan pada diri kita: “Bagaimanakah saya mau diperlakukan oleh orang lain?”Lalu lakukanlah yang sama kepada orang lain. Apakah anda ingin dipukul, ditolak, dipermainkan, dihina, ataupun dibohongi? Tidak, tentu tidak.

Maka janganlah lakukan itu kepada orang lain. Apakah anda ingin dicintai, diperlakukan dengan baik, diutamakan oleh orang lain? Ya, tentu kita ingin diperlakukan seperti itu. Lakukanlah hal itu kepada sesamamu. Begitu sederhana. Alkitab mengatakan bahwa kehidupan orang Kristen ditandai dengan kasihnya terhadap sesamanya (Yoh. 13:34-35). Jika anda ingin orang lain mengasihi anda, maka tunjukkanlah kasih Kristus kepada mereka. Ini merupakan sebuah golden rule. Begitu sederhana.

BACA JUGA:  Renungan Harian Kolose 3: 20

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Hafalkanlah Matius 7:12, dan mulailah menghidupinya hari ini!

TAHUKAH ANDA?

Ketika Yesus menyebut “Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi”, Yesus sedang merujuk pada seluruh bagian perjanjian lama. “Hukum Taurat” adalah lima kitab pertama dalam perjanjian lama. Dan “Kitab Para Nabi” ini mengarah pada ke 34 kitab lainnya dalam perjanjian lama.

Baca juga: Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 11:2-19 | Yohanes Pembaptis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *