renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Kolose 1: 18

Petrus sangat berapi-api! Rasul yang dahulu menyangkal Yesus, sekarang dengan berani menyatakan Injil pada ribuan orang di Yerusalem pada Hari Pentakosta. Ia berseru, “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus” (Kisah Para Rasul 2: 38).

Itu adalah momen yang bersejarah. Sekitar tiga ribu orang menaruh iman mereka pada Yesus dan menjadi orang Kristen pada hari itu–sebuah angka yang mengejutkan, mengingat sebelum kejadian itu hanya ada 120 orang percaya (Kisah Para Rasul 1:15). Itu adalah permulaan gereja.

Apakah artinya?

Apa itu “gereja”?

Terdengar seperti pertanyaan yang mudah, bukan? Tetapi pertanyaan ini meragukan banyak orang. Pertanyaan ini begitu penting sehingga selama lima hari ke depan kita akan membahas apa itu gereja, bagaimana gereja seharusnya berfungsi, dan mengapa gereja begitu penting dalam kehidupan Kristen.

Orang Kristen masa ini sering mengacu pada “gereja” dan “sang gereja”. Kedua istilah ini hampir sama–hanya dibedakan oleh kata sang di frasa kedua–tapi ada perbedaan yang besar antara keduanya.

“Gereja” adalah sebuah gedung yang didatangi orang pada hari Minggu untuk memuji Tuhan melalui doa, nyanyian, dan pendengaran akan Firman Tuhan. Pergi ke gereja sangatlah penting.

Tetapi ketika Alkitab menyebut “sang gereja”, ia tidak mengacu pada bangunan ataupun golongan agama (seperti Baptis, Presbiterian, Lutheran). Sang gereja, sebagaimana Firman Tuhan mendefinisikannya, merupakan keseluruhan komunitas orang percaya sejati di seluruh dunia.

Alkitab juga menyebut komunitas ini sebagai “Tubuh Kristus” (1 Korintus 12:27). Kepala dari Tubuh Kristus, seperti yang tertulis dalam ayat hari ini, adalah Yesus. Sama halnya dengan tubuh manusia melakukan apa yang diperintahkan kepalanya, keseluruhan Tubuh Kristus (sang gereja) seharusnya taat kepada Kristus. Itu artinya mengasihi sesama, hidup benar, mengabarkan Injil, dan memuliakan Yesus.

BACA JUGA:  Renungan Harian 1 Korintus 1: 26-27

Anda lihat, gereja seharusnya selalu tentang Yesus. Orang Kristen adalah sang gereja–sekelompok orang yang sudah ditebus oleh darah Yesus–dan kita berkumpul bersama di gereja setiap minggu untuk memuliakan Penebus kita.

Sedikit memberikan perspektif baru mengenai ibadah hari Minggu, bukan?

Lalu apa yang harus dilakukan?

Ingatlah perspektif “Tubuh Kristus” di seluruh dunia ini setiap kali Anda pergi beribadah di gereja.

Tahukah anda?

Acuan pertama Alkitab terhadap “gereja” ditemukan dalam Matius 16:18, ketika Yesus menubuatkan bahwa Ia akan memakai Petrus untuk membangun “gereja-Nya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.