renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Kis 2: 24

www.renunganhariankristen.com Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, para wanita datang ke kubur Yesus. Itu adalah minggu yang sangat mengerikan bagi Israel jaman dulu. Yesus mati pada Jumat sore. Setelah itu, para murid mulai merasa tersesat dan sendirian. Mesias yang mereka dan percayai selama ini tiba-tiba menghilang begitu saja karena dieksekusi oleh orang-orang jahat.

Setelah Yesus mati, seorang prajurit Roma mencucukan tombak-Nya ke tubuh Yesus untuk memastikan bahwa Yesus benar-benar sudah mati. Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus, keduanya yang secara diam-diam menjadi pengikut Yesus karena takut ketahuan oleh para pemimpin agama Yahudi. Mereka meminta ijin untuk mengambil tubuh Yesus agar mereka dapat menguburkannya. Kemudian, mereka membaringkan tubuh Yesus disebuah taman dan di sana ada kubur yang baru dan letaknya tidak jauh dari tempat penyaliban.

Sabtu adalah hari sabat bagi orang Yahudi, dan berlalu dengan sangat tenang. Lalu ketika matahari mulai terbit pada hari Minggu pagi, beberapa wanita membawa minyak untuk meminyaki tubuh Yesus.

Dan anda tahu apa yang terjadi? Sebuah kejadian yang luar biasa terjadi. Tiba-tiba sebuah batu yang digunakan untuk menutup kubur Yesus sudah terguling dan kubur Yesus kosong.

Yesus Kristus, Anak Allah yang dikurbankan bangkit dari kematian!

Apakah artinya?

Selama sembilan hari selanjutnya, kita akan melihat secara spesifik tentang kebangkitan Yesus dan implikasinya. Walaupun, mungkin anda sudah membaca ratusan kali tapi berkatnya tidak akan pernah berhenti dan akan selalu mendapatkan yang baru. Kebangkitan Yesus adalah sebuah fakta, tapi bukan sebuah hanya sebuah fakta yang biasa-biasa saja. Ini merupakan fakta yang sangat luar biasa.

BACA JUGA:  Renungan Harian Roma 9: 20

Yesus mengalahkan maut. Pikirkan hal itu sebentar. Tidak ada di dalam sejarah yang pernah bisa melakukan itu. Bahkan orang-orang yang dibangkitkan Yesus mereka pada akhirnya meninggal lagi. Tapi Yesus tidak. Seperti di katakan dalam Wahyu 1:18, “Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya!”

Karena Yesus adalah pencipta kehidupan, maut tidak berkuasa atas-Nya (seperti ayat hari ini). Dosa tidak dapat menahan orang yang tidak berdosa di dalam kuburan. Pada waktu yang telah ditentukan oleh Tuhan, Yesus bangkit dari kubur dalam kemuliaan-Nya. Dia telah mematahkan kuasa maut (2 Tim 1:10) dan juga mengalahkan Iblis, yang berkuasa atas maut (Ibr 2:14).

Bagaimana bisa Dia melakukan itu semua? Kebangkitan Yesus adalah sebuah keajaiban yang tidak bisa dideskripsikan secara sempurna, tapi Roma 6:4 memberikan kita sebuah petunjuk “Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa.”

Lalu apa yang harus dilakukan?

Bacalah keempat Injil tentang keban­gkitan Yesus, Matius 28:1-15; Markus 15:1-8; Luk 24:1-12; dan Yoh 20:1-18.

Tahukah anda?

Kekuatan ilahi yang telah memban­gkitkan Yesus dari antara orang mati, akan membangkitkan juga setiap orang percaya ketika Yesus datang kedua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *