Renungan Harian Kisah Rasul 17 | Berbagi Injil Dengan Orang Terdidik

Renungan-Harian-Kisah-Rasul-16-Hukum-Politik-Dan-Kuasa-Allah
Renungan Harian Kisah Rasul 16 | Hukum, Politik, Dan Kuasa Allah
2018
Renungan-Harian-Kisah-Rasul-18-Pelayanan-Kosmopolitan
Renungan Harian Kisah Rasul 18 | Pelayanan Kosmopolitan
2019
Show all

Renungan Harian Kisah Rasul 17 | Berbagi Injil Dengan Orang Terdidik

Renungan-Harian-Kisah-Rasul-17-Berbagi-Injil-Dengan-Orang-Terdidik


Renungan Harian Kisah Rasul 17 | Berbagi Injil Dengan Orang Terdidik. Apa yang dapat dipelajari dari Paulus, tentang cara memberitakan Injil, ketika Paulus berhadapan dengan ahli-ahli pikir? Bagaimana Paulus begitu cerdik dalam penginjilannya (ay 22-28)?

Berbagi Injil Dengan Orang Terdidik

Atena adalah kota terpelajar dan kota religius.  Selain ada kumpulan orang Yahudi, di Atena terdapat banyak pengikut filsafat tertentu dan penyembahan berhala.  Paulus menyapa masing-masing kelompok sesuai dengan konteks masing-masing (ayat 16-18).  Oleh karena memberitakan sesuatu yang baru, Paulus mendapat kesempatan membagikannya di sidang Areopagus (ayat 19-21).  Disini kita melihat strategi penginjilan Paulus yang peka konteks dan memanfaatkan pengetahuan iman mereka akan wahyu umum.  Pertama, Paulus tidak mengecam berhala-berhala sesembahan mereka.  Sebaliknya, ia memakai salah satu berhala yang tidak bernama untuk memperkenalkan Allah yang disembahnya (ayat 22-23).  Kedua, Paulus memperkenalkan Allah sebagai Sang Pencipta langit dan bumi serta segala isinya.  Dia berdaulat penuh atas segala ciptaan-Nya, termasuk manusia.  Hidup manusia berasal dari dan bergantung penuh kepada Allah (ayat 24-28).  Ketiga, paulus memperkenalkan cara beribadah yang benar di hadapan Allah yang Mahabesar.  Ibadah yang benar bukan dengan menyembah berhala melainkan dengan menjalani kehidupan yang kudus yang berkenan kepada-Nya.  Kehidupan itu harus dipertanggungjawabkan satu kali kelak di hadapan Dia yang telah membangkitkan Kristus (ayat 19-31). Hasil pemberitaan Injil itu terbagi dua.  Ada yang menolak Injil, tetapi tidak sedikit juga mereka yang bertobat (ayat 32-33).

Roh Kudus mengurapi anak Tuhan yang mempersiapkan diri dengan baik untuk memberitakan Injil-Nya. (Renungan Harian Kisah Rasul 17 | Berbagi Injil Dengan Orang Terdidik)

Baca juga: Renungan Harian Kisah Rasul 4 | Doa Untuk Ekspansi Kerajaan



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *