Renungan Harian Kisah Rasul 15 | Bijaksana Dan Peka

Renungan-Harian-Matius-25-35-40-PHK-Pemutusan-Hubungan-Kerja
Renungan Harian Matius 25: 35-40 | PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)
28 Desember 2018
Renungan-Harian-Kisah-Rasul-16-Hukum-Politik-Dan-Kuasa-Allah
Renungan Harian Kisah Rasul 16 | Hukum, Politik, Dan Kuasa Allah
30 Desember 2018
Show all

Renungan Harian Kisah Rasul 15 | Bijaksana Dan Peka

Renungan-Harian-Kisah-Rasul-15-Bijaksana-Dan-Peka


Renungan Harian Kisah Rasul 15 | Bijaksana Dan Peka. Apa yang menjadi agenda perdebatan di sidang Yerusalem serta keputusan finalnya (ay 1-21)? Keputusan apa lagi yang diambil oleh para Rasul dan panatua berkaitan denga hasil sidang di Yerusalem (ay22)? Mengapa perlu ada utusan pergi ke Antiokia?

Bijaksana Dan Peka

Untuk memahami suatu keputusan sidang Yerusalem tidaklah mudah, mereka harus menafsir dan menjabarkan sendiri ke dalam bentuk-bentuk yang lebih praktis.  Itulah sebabnya ditingkat bawahan, kesalah-pahaman dan konflik sering terjadi.

Para rasul agaknya memahami hal ini.  Karena itulah mereka mengambil berbagai langkah untuk menjamin suksesnya pengimplementasikan kesepakatan Yerusalem, agar kesatuan Kristen tidak hanya terjadi di kalangan para rasul, namun juga seluruh Kristen dimanapun mereka berada.  Mereka memberikan informasi yang jelas dan tuntas kepada jemaat-jemaat tentang keputusan Yerusalem, secara tertulis dan lisan melalui orang-orang yang berkualitas (22), untuk menjamin kesahihan dan keobyektifan informasi.  Kemudian mereka menegaskan posisi mereka tentang tuntutan sunat (24).

Penegasan ini penting bagi Kristen di Antiokhia sebagai suatu konfirmasi dan peneguhan atas doktrin yang sudah mereka yakini selama ini.  Dan itu tidak dilakukan hanya dengan pernyataan lisan, namun keputusan Roh Kudus.  Allah melegitimasi keputusan itu karena itulah keputusan resmi dan berlaku bagi semua jemaat di sepanjang zaman.  Bagaimanakah dampak yang ditimbulkan? Setelah jemaat Antiokhia membaca surat itu dan bertemu dengan para utusan rasul dari Yerusalem, mereka bersuka cita, terhibur, dan dikuatkan (31-32).  Ini merupakan bukti bahwa keputusan dan pengimplementasiannya telah dilakukan secara bijak dan sehat.  Ini merupakan bukti bahwa gereja mula-mula mempunyai manajemen yang baik.

Manajemen yang sehat sebuat gereja manapun antar gereja memang diperlukan, agar jemaat mengalami penghiburan, sukacita, penguatan, dan tetap dipersatukan dalam menghadapi segala macam tantangan dan ancaman yang semakin meranggas. (Renungan Harian Kisah Rasul 15 | Bijaksana Dan Peka)

Baca juga: Bahan Cerita Sekolah Minggu | Salomo yang bijaksana



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan