renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 15 Nov 2021: Kejadian 32: 1-21 (Mahalnya Kepercayaan)

Renungan Kejadian 32: 1-21 (Mahalnya Kepercayaan). Memulihkan kepercayaan seseorang yang tidak bisa lagi dipercaya pada Anda itu sulit.  Dengan gigih dan keinginan yang kuat, mungkin mengecewakan orang lain kepada Anda akan hilang dan hubungan Anda akan menjadi lebih baik.  Berikut metode kepercayaan dengan tindakan Anda.  (1) Pahami betapa pentingnya kepercayaan (2) Anda adalah satu-satunya alasan yang menyebabkan hilangnya kepercayaan, karena itu Anda harus menyadari dan menerima kesalahan sebelum Anda bisa melangkah lebih jauh.  (3) Jangan mengulanginya lagi.  (4) Pulihkan melalui perbuatan Anda.

Mahalnya Kepercayaan

Memulihkan kepercayaan yang rusak jauh lebih susah daripada mendapatkan kepercayaan dari seseorang yang baru kita kenal.  inilah yang sedang dilakukan Yakub terhadap Esau, kakak yang pernah ditipunya.  Dengan membawa rasa takut karena masalah masa lalu, yakni penipuan, Yakub harus bekerja keras untuk menunjukkan kepada kakaknya bahwa dirinya sudah berubah.  Bukan lagi penipu, melainkan orang jujur ​​dan bisa dipercaya.  Usaha-usaha yang dilakukan Yakub untuk mengembalikan kepercayaan Esau terhadapnya.  Pertama, menyuruh utusan untuk menemui Esau untuk menyampaikan berita tentang Yakub (ay. 3-5).  Kedua, beri buah tangan sebagai persembahan bagi Esau berupa hewan ternak dalam jumlah yang sangat banyak (ay. 14-18).

Pengalaman Yakub cukup untuk menunjukkan ukuran kepercayaan orang lain terhadap kita membutuhkan kesabaran dan usaha yang keras sampai orang tersebut percaya lagi kepada kita.  Karena itu, jangan rusak kepercayaan orang lain kepada kita!  Kalaupun rusak, jangan patah semangat untuk miliknya.  Buktikan perubahan kita dengan perbuatan yang menunjukkan bahwa kita memang layak dipercaya lagi.  (rad)

 

BACA JUGA:  Renungan 27 Sept 2021: Kejadian 2: 8-15 (Menjaga Bumi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.