renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 30 Apr 2022: 2 Daniel 1: 1-21 (Efisien dan Masif)

Daftar Isi

Renungan Harian 2 Daniel 1: 1-21 (Efisien dan Masif). Kereta api hanya dapat berjalan di atas rel. Namun demikian, kendaraan ini  memiliki keuntungan berupa daya angkut dan efisiensi yang luar biasa. Kuncinya, selain lokomotif yang perkasa adalah rel dan roda kereta api. Rel yang berupa batangan logam yang kecil tetapi vital ini mampu menahan beban ratusan ton pada rangkaian kereta api. Sedangkan roda kereta api memiliki keistimewaan berupa flens (bibir) pada roda bagian dalam sehingga kereta mampu melaju tanpa keluar dari jalur rel. Dua unsur kecil ini membuat kereta api menjadi alat transportasi yang vital di negara-negara maju. Kereta api menjadi alat angkut unggulan untuk barang dan orang.

Efisien dan Masif

Flens memang membuat kereta api haya bisa berjalan di atas rel. Namun pembatasan itu membuat efisiensinya meningkat. Demikian pula yang dilakukan oleh Daniel dan teman-temannya ketika mengalami masa pembuangan. Ada banyak pilihan hidup disodorkan ke mereka waktu itu, yaitu gaya hidup anakanak raja. Namun, Daniel dan teman-teman memilih untuk hidup dalam cara hidup yang berkenan di hadapan Tuhan. Mereka menghindari untuk melibatkan diri ataupun mencampurkan cara hidup asing tersebut dalam keseharian mereka. Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja (Dan 1: 8). Hasilnya, kapasitas dan efisiensi hidup mereka pun melejit. Itu semua karena mereka menggunakan cara hidup yang berkenan di hadapan Tuhan secara penuh, tanpa mencampurkannya dengan gaya hidup duniawi.

Prinsip yang sama bisa kita terapkan dalam kehidupan karir kita. Bekerja melakukan yang terbaik dan ikuti gaya hidup yang Tuhan sudah ajarkan, serta cukup diri sendiri dengan kasih karunia-Nya, maka hidup kita akan lebih maksimal. (rin)

BACA JUGA:  Renungan Harian Daniel 4:1-37 | Show Off: Kekuatan Dan Kekuasaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.