renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 20 Mar 2022: Matius 4: 1-11 (Bukan Hanya Roti)

Daftar Isi

Renungan Harian Matius 4: 1-11 (Bukan Hanya Roti). Kelaparan paling parah pernah menimpa India Kutara, pada 1783 dan disebut kelaparan Chalisa. Negeri itu mengalami kekeringan parah. Badai El Nino membawa awan hujan, sehingga curah hujan hanya sebentar. Tanaman dan hewan mati karena kekurangan makanan dan air. Kelaparan hebat ini akhirnya juga menewaskan 11 juta rakyat India. (Merdeka.com).Bertolak belakang dengan masyarakat sekarang, yang menderita berbagai penyakit karena gagal mendisiplinkan diri saat menahan nafsu makan. Banyak orang berlebihan mengonsumsi makanan. Bahkan tidak bijak memperlakukan makanan dengan membuang banyak makanan begitu saja, yang sebenarnya masih bisa diberikan kepada sesama yang sedang kelaparan.

Bukan Hanya Roti

Firman Tuhan saat ini menuliskan tentang Yesus yang berpuasa 40 hari sehingga Yesus menjadi lapar. Lalu datanglah iblis mencobai-Nya agar Yesus memerintahkan batu-batu menjadi roti. Iblis bahkan menggunakan Firman Tuhan untuk mencobai Yesus tetapi tidak terpedaya dan tidak mau terperangkap tipuan iblis. Yesus tetap kuat dan tegar.

Ketika kita lemah, kita gampang tergoda bujukan dan godaan. Tidak hanya lapar jasmani, tetapi kita juga sering diganggu rasa lapar akan ke- kayaan, kekuasaan dan kenyamanan. Ketika kita telah diperdaya Iblis, seluruh pikiran kita dapat dikuasainya. Karena itu hanya bersama Yesus sajalah kita mampu mengalahkan iblis. Seperti Yesus, kita pun harus menaati Roh. Dengan demikian, kita dapat melawan godaan Iblis. Yesus mengalahkan Iblis dengan selalu memulai jawaban-Nya dengan kalimat “ada tertulis”. Artinya Yesus memegang teguh firman Allah saat melawan godaan Iblis. Karena itu teladanilah Yesus. (jab).

BACA JUGA:  Renungan 19 Sept 2021: Matius 23: 1-36 (Dibenci Tuhan dan Manusia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.