Renungan Harian Kejadian 3: 15. Karena Adam dan Hawa telah memberontak kepada Allah, hidup tidaklah lagi sama bagi seluruh manusia. Taman Eden bukan lagi milik mereka. Manusia akhirnya terpisah dari Penciptanya. Dosa merusak segalanya. Dalam kemarahan-Nya yang kudus, Allah mengutuk manusia dan bumi ini. Tetapi ditengah kesuraman itu, Allah membuat janji yang mulia. Dan Ia melakukan itu ketika Ia sedang mengutuk Iblis (lihat ayat hari ini). Janji-Nya ini mengubah segalanya

APAKAH ARTINYA?

Allah tidaklah terkejut dengan kehadiran dosa di kehidupan manusia. Dalam kebijaksanaan-Nya yang hebat, Tuhan tahu bahwa ini akan terjadi dan Ia telah memiliki rencana yang hebat untuk menyelamatkan manusia, karena kasih-Nya yang hebat. Kejadian 3:15 memberikan bayangan akan rencana Allah dalam keselamatan. Dimulai dengan sebuah janji “permusuhan” antara Iblis dengan keturunan Hawa. Akan ada seseorang yang akan melawan Iblis dan mengalahkannya. Pahlawan ini akan meremukkan kepala Iblis dan Iblis akan meremukkan tumitnya. Meremukkan tumit bukanlah pukulan yang fatal. Tetapi meremukkan kepala seseorang itu begitu fatal. Dengan kata lain, Iblis akan membuat luka parah, tetapi Pahlawan Allah akan mematikan Iblis.

Dapatkah anda membayangkan siapakah Pahlawan yang akan meremukkan kepala Iblis? Itulah YESUS! Kejadian 3:15 adalah nubuatan Alkitab pertama mengenai kedatangan Sang Juruselamat. Putra Allah yang kekal menjadi satu dari “keturunan” Hawa melalui kelahiran-Nya sebagai manusia di Betlehem. Ketika Yesus datang ke dunia, Iblis tahu apa akibatnya. Ini akan menjadi sebuah pertempuran yang epic untuk kemenangan Putra Allah atas Iblis. Karena kemenangan Yesus, kita yang seharusnya dimurkai, menjadi disayangi dan diberkati. Iblis mencoba berbagai cara untuk mengalahkan Yesus. Iblis meremukkan tumit Yesus dalam penyaliban di Kalvari, tetapi hanya beberapa hari Yesus dikubur, terlihat seperti seakan-akan iblis telah menang, tetapi ketika Yesus bangkit dari antara orang mati dalam kuasa dan kemuliaan, Yesus telah meremukkan kepala iblis dan juga mengalahkan dosa dan maut. Bersyukur dan Pujilah Pahlawan kita yang dahsyat! Yesus telah menang!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Ambillah waktu untuk merenungkan dan bersyukur, karena rencana keselamatan sudah ada sejak mulanya. Ketika Allah merancang segala ciptaan-Nya, Ia juga telah merancangkan rencana keselamatan umat manusia. Wow!

TAHUKAH ANDA?

Iblis masih berjuang melawan Allah dan umat-Nya saat ini. Tetapi kita tidak perlu takut kepadanya, karena ia adalah musuh yang telah dikalahkan dan ia tahu bahwa “waktunya sudah singkat”. (Wahyu 12:12).