Renungan-Harian-Roma-12-9-15-Kasih-Yang-Munafik

Renungan Harian Roma 12: 9-15 | Kasih Yang Munafik

Daftar Isi

Renungan Harian Roma 12: 9-15 | Kasih Yang Munafik. Bagaimana cara kita mengamalkan kasih? (9a)
Tunjukkan beberapa cara menyatakan kasih (9b,10,13) Tunjukkan beberapa tindakan yang menguji kemurnian kasih kita (14,15)

Kasih Yang Munafik

Ini sangat menjengkelkan.  Orang yang kita pikir mengasihi kita, tapi rupanya hanya memanfaatkan kita dan kemudian mengkhianati .  Zaman ini sulit menemukan kasih sejati, karena orang tahu tindakan kasih bisa digunakan untuk mengambil hati sesamanya.  Kasih yang munafik adalah berbuat kebaikan terutama demi keuntungan sang pemberi kasih.  Kasih yang sejati adalah berbuat kebaikan terutama demi keuntungan yang menerima kasih.

Beberapa tindakan kasih bisa muncul dari kasih munafik.  Ayat 9b-13 memberi beberapa contoh, seperti berbuat kebaikan (seperlunya), menunjukkan persaudaraan (secara tampak luar), dan memberi hormat (sekedarnya).  Namun beberapa tindakan pada ayat 14-15 bisa menjadi penguji apakah benar mereka mengasihi secara murni: saat dianiaya dan disakiti apakah masih bisa memberkati, saat rekan kita bersukacita apakah muncul iri hati, saat rekan menangis apakah terselip kesenangan.

Natal adalah saat manusia bertemu dengan Kasih Sejati, yang memperagakan kemurnian kasih.  Kasih yang tetap ada walaupun ditolak, kasih yang berduka dengan kesulitan hidup manusia, dan kasih yang bersuka saat manusia mengalami kebaikan hidup.

Tantangan hari ini:  tunjukkan kemurnian kasih anda pada salah satu dari orang berikut ini:

  1. Orang yang sering menyakiti anda, walau seharusnya anda kasihi (biasanya orang terdekat atau bahkan keluarga anda). Berikan sebuah pemberian kasih, walau anda sudah malas mengasihi dia.
    b.  Rekan anda yang tengah bersukacita, dengan memberikan apresiasi yang tulus
    c. Rekan anda yang tengah berdukacita, dengan berempati dan memberi topangan
BACA JUGA:  Renungan Harian Daniel 3 | Tetap Beriman! Tanpa Kompromi

(Renungan Harian Roma 12: 9-15 | Kasih Yang Munafik)

Baca juga: Khotbah Kristen Ratapan 3: 19-26 | Kasih yang Memberi Harapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.