Khotbah-Kristen-Lukas-13-1-5-Berbuah-Di-Dalam-Anugerah
Khotbah Kristen Lukas 13: 1-5 | Berbuah, Di Dalam Anugerah
18 Mei 2019
Renungan-Harian-19-Mei-2019
Renungan Harian Yohanes 11: 35
19 Mei 2019
Show all

Siapakah nama pemimpin Setan?

Siapakah-nama-pemimpin-Setan


Tanya:

Siapakah nama pemimpin Setan?

Jawab:

Pada waktu lalu saya menjelaskan bahwa pandangan umum yang mengatakan bahwa kepalanya setan atau bosnya setan itu namanya Lucifer adalah tidak benar. Karena di dalam Alkitab versi Bahasa Indonesia kata Lucifer tidak pernah muncul sekalipun. Kata Lucifer hanya muncul didalam beberapa Alkitab versi bahasa Inggris.

Misalnya, dalam Alkitab versi King James yang muncul di dalam Yesaya 14: 12 dimana dikatakan bahwa “engkau sudah jatuh Hai Bintang Timur Putra Fajar”. Bintang Timur di sana itu diterjemahkan O Lucifer. Jadi, Lucifer itu artinya Bintang Timur. Lucifer berasal dari bahasa latin yang berarti pembawa terang.

Karena itu saya menafsirkan bahwa kata “Lucifer” disana bukan berarti setan atau bosnya setan sebagaimana pandangan mayoritas. 99% orang Kristen menganggap demikian termasuk para pendeta.

Mengapa saya menolak itu? Karena konteks dari Yesaya pasal 14 (dimana kata Lucifer muncul di dalam ayat yang ke 12) yaitu adalah nubuatan terhadap Raja Babel. Raja Babel di sini berbicara tentang Nebukadnezar dan itu tidak ada hubungan dengan setan sama sekali.

Memang ada kata-kata tertentu di dalam Yesaya pasal 14 itu yang seolah-olah tidak menunjuk kepada raja Babel, tapi itu juga tidak berarti setan. Mengapa? karena itu bahasa puisi. Contoh: “engkau telah ku buang… membuat tahtamu di atas langit-langit..” dan kalimat-kalimat yang semacam itu hanya bahasa puisi. Sehingga saya menolak tafsiran atau pandangan umum yang mengatakan bahwa Lucifer itu adalah setan.

Lalu Siapakah nama pemimpin Setan?

Belzebul

Ada orang yang mengatakan bahwa kepalanya setan-setan ini namanya Belzebul, karena itu muncul di dalam Matius 9: 34. “tetapi orang Farisi berkata dengan kuasa penghulu setan dia mengusir setan”. Juga dalam Markus 3: 22 dikatakan “dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata dia kerasukan Belzebul dan dengan penghulu setan dia mengusir setan”.  Kata Penghulu setan didalam Alkitab bahasa Inggris versi King James diterjemahkan the prince of the devil.

Tetapi survei yang mendalam tentang istilah Belzebul ini tidak menunjukan bahwa memang benar-benar nama pemimpin setan. Seseorang penafsir memberikan penjelasan secara Etimologis mengenai kata Belzebul. Dikatakan bahwa kata tersebut dapat dipahami dalam beberapa makna. Ditinjau dari kalimatnya dapat berarti tuan rumah atau dewa-dewa asing. Atau juga bisa berarti kotoran hewan seperti misalnya lalat atau kotoran lalat dan semacam itu. Dari ungkapan bahasa Arab juga dapat berarti musuh atau lawan.

Dengan demikian kata Belzebul itu bisa berarti tuan rumah iblis atau bisa juga berarti segala kekotoran atau bisa berarti Dewa lalat atau tuannya para musuh. Bisa berarti demikian.

Beberapa ahli kitab suci mengkaitkan Belzebul dengan Pangeran Baal (dewa orang Filistin) seperti yang tertulis dalam 2 raja-raja 1:2 “dan dewa ini dipercaya mempunyai kuasa di bumi dan memiliki kekuatan perang melawan bala tentara surga”. Dewa ini berani melawan surga karena dia memiliki setan-setan sebagai prajuritnya karena itu dia disebut sebagai penghulu setan.

Tetapi bahwa Apakah Belzebul itu sendiri adalah pangeran setan? Apakah dia kepalanya setan-setan yang sesungguhnya? Tidak ada kepastian tentang itu.

Legion

Ada juga yang mengatakan bahwa penghulu setan itu namanya Legion. Seperti yang dicatat didalam Markus 5: 6-9. Karena ada kata-kata “namaku Legion”, lalu ada orang mengatakan bahwa Legion ini adalah nama kepalanya setan.

Tetapi menurut saya tidak, karena nama Legion sebenarnya bukan nama pribadi, tetapi ini merupakan istilah dalam militer Romawi yang menunjuk pada jumlah tertentu. 1 Legion itu kira-kira 6000-7000 tentara. Sehingga tidak bisa dikatakan bahwa itu adalah nama pribadi.

Jadi, tidak benar kalau Legion itu adalah nama dari kepalanya setan-setan.

Belial

Ada juga pandangan yang mengatakan bahwa bos nya setan itu namanya Belial seperti yang terdapat pada 2 Korintus 6: 15 “persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial?” Tetapi studi yang lebih dalam tentang kata Belial ini menunjukkan bahwa nama Belial itu hanya satu istilah yang sinonim dengan iblis tetapi bukan menuju pada Bos nya iblis.

Jadi, tidak benar juga kalau Belial adalah Bosnya Iblis.

Kesimpulan

Jadi siapa sebenarnya nama bos nya iblis itu? Yang pasti bukan Lucifer, bukan Belial, bukan Legion, bukan juga Belzebul. Lalu siapa? Tidak tahu. Kenapa? Karena Alkitab tidak pernah mengatakan itu.

Oleh: Pdt. Esra Alfred Soru
Dirangkum oleh: RenunganHarianKristen.com

 

 



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *