Renungan Yeremia 18-1-17 (Seperti Bejana)
Renungan Yeremia 18-1-17 (Seperti Bejana)

Renungan 13 Sept 2021: Yeremia 18: 1-17 (Seperti Bejana)

Daftar Isi

Renungan Yeremia 18: 1-17 (Seperti Bejana). Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia. Proses pembuatan 1 gerabah membutuhkan lima proses. (1) Pengambilan tanah liat. (2) Persiapan tanah liat. (3) Proses pembentukan. (4) Penjemuran. (5) Pembakaran.

Seperti Bejana

Seperti proses pembuatan gerabah dari tanah liat, demikian pula hidup kita. Sejak awal Tuhan memang merancang kehidupan yang baik dan masa depan yang penuh harapan. Namun, untuk mencapai itu semua kita harus menjalani proses yang tak jarang kegagalan demi kegagalan kita alami. Meski begitu, jika kita setia dalam proses itu dan percaya pada pekerjaan tangan Tuhan, keberhasilan hidup pasti akan kita peroleh. Jangankan terhadap kehidupan kita sebagai individu, terhadap bangsa yang besar seperti Israel, yang notabene sering jatuh bangun di dalam mengikut Tuhan pun Dia mau memulihkan keadaan mereka. Kunci untuk dipulihkan pertama, sadari dan akui kesalahan yang kita lakukan di hadapan Tuhan (ay. 8). Kedua, hiduplah dengan takut akan Tuhan dan dalam tuntunan-Nya (ay. 10). Ketiga, perbaikilah cara hidup, perilaku, tutur kata, dan etos kerja kita yang negatif (ay. 11).

 

Sadar atau tidak tetapi keberhasilan hidup hanyalah milik orang-orang yang setia dengan tuntunan Tuhan, belajar dari kesalahan kemudian memperbaiki dirinya, dan mau belajar banyak hal. Jadi, jika salah satu dari ketiga hal itu tidak ada dalam diri sendiri, tentu kita sudah bisa menebak masa depan kita. Untuk itu, jangan keraskan hati tetapi terimalah proses Tuhan dengan setia dan bersyukur senantiasa! (dew)

BACA JUGA:  Renungan Harian Yeremia 31: 15-25 | Menghadapi Trauma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *