Ini-Tentang-Mengasihi-Seperti-Yesus-Mengasihi
Ini Tentang Mengasihi, Seperti Yesus Mengasihi
28 Maret 2019
Renungan-Harian-30-Maret-2019
Renungan Harian Yohanes 5: 39-40
30 Maret 2019
Show all

Renungan Harian Yohanes 5: 23

Renungan-Harian-29-Maret-2019


Renungan Harian Yohanes 5: 23. Untuk memulai renungan hari ini, mari kita kembali ke masa lalu. Bayangkan seandainya Anda tinggal di Yerusalem sekitar 30 Masehi. Setiap kali Anda melewati Gerbang Domba di sisi utara kota, Anda melihat seorang lelaki lumpuh tergeletak di tikar dekat apa yang dikenal sebagai kolam Betesda.

Pria itu tidak dapat menggunakan kakinya selama hampir empat dekade. Yang dia lakukan setiap hari adalah berbaring di tepi kolam renang, meminta uang. Kemudian pada suatu hari Sabtu, Yesus datang. Dia melihat lelaki cacat itu dan berkata, “Bangunlah, angkatlah tilammu, dan berjalanlah.” Dengan segera, pria itu melompat sepenuhnya sembuh! Jika Anda melihat keajaiban itu, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda memuji Yesus, atau apakah Anda akan mulai merencanakan cara membunuhNya?

Pertanyaan itu terdengar sangat konyol. Anda akan memuji Dia, tentu saja! Tidak dengan orang-orang Farisi. Mereka membenci Yesus yang menyembuhkan pada hari Sabat, hari ketika mereka mengatakan tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan, menurut hukum Allah. Dan ketika Yesus mengatakan kepada mereka, “Bapa-Ku selalu bekerja, dan Aku juga” (Yohanes 5:17) – pada dasarnya, menyamakan diri-Nya dengan Allah – mereka mengira Dia menghujat. Maka hati jahat mereka mulai merencanakan cara untuk menghancurkannya. Mengetahui hati mereka, Yesus menjawab dengan ayat hari ini: “Siapa pun yang tidak menghormati Anak tentu tidak menghormati Bapa yang mengutusnya.”

APAKAH ARTINYA?

Kata-kata itu pastilah mengejutkan bagi orang-orang Farisi. Mereka tahu bahwa mereka mengenal Tuhan dan menaati Firman-Nya. Itu sebabnya (dengan cara berpikir sesat mereka) mereka berusaha keras untuk menghormati hari Sabat. Tetapi mereka begitu terjebak dalam mencoba untuk mengikuti aturan agama dan menyenangkan Tuhan dengan persyaratan mereka sendiri sehingga mereka kehilangan apa yang sebenarnya dikatakan Alkitab tentang Juruselamat yang sangat mereka butuhkan.

Sayangnya, hal yang sama berlaku hari ini. Tak terhitung orang dari berbagai agama di seluruh dunia yang mengaku mengenal Tuhan. Tetapi Anda tidak dapat benar-benar mengenal Tuhan tanpa percaya kepada Yesus. Anda tidak dapat menghormati dan mematuhi tanpa menghormati dan menaati Yesus. Dan Anda tidak bisa mencintai Tuhan tanpa mencintai dan mempercayai Yesus. Mengapa? Karena Yesus adalah Anak Allah – pusat seluruh rencana penyelamatan Allah untuk menyelamatkan umat manusia yang berdosa. Menolak Yesus sama dengan menolak Tuhan. Untuk benar-benar menjadi Anak Allah, Anda harus tunduk pada keTuhanan Putra-Nya.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Minta mohonlah supaya Tuhan mengungkapkan lebih banyak tentang Anak-Nya kepada Anda agar Dia dapat menerima kehormatan yang layak Dia terima.

TAHUKAH ANDA?

Rupanya, Allah memberikan kolam Betesda kekuatan penyembuhan yang ajaib pada saat tertentu (Yohanes 5: 6-7). Tetapi lelaki cacat itu tidak pernah bisa masuk ke kolam tepat waktu. Yesus menyelesaikan masalah itu!

Baca juga: Renungan Harian I Yohanes 3: 1 | Menerima Kasih Bapa



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

2 Comments

  1. Sastra berkata:

    Sangat bermanfaat RHK, educations firman Tuhan bisa kita mengerti , terimakasih RHK,Admin….amin….

Tinggalkan Balasan