Cara melakukan saat teduh dengan metode 5B (Berdoa, Belajar, Berbuat, Bersaksi, Berkat)

Renungan Harian - Terancam Tapi Tetap Setia
Renungan Harian Lukas 13:31-35 | Terancam Tapi Tetap Setia
2017
Show all

Cara melakukan saat teduh dengan metode 5B (Berdoa, Belajar, Berbuat, Bersaksi, Berkat)

renungan harian kristen


Renungan Harian renunganhariankristen.com – Ada banyak cara untuk melakukan saat teduh, namun kami memperkenalkan satu cara baru untuk melakukan saat teduh, yaitu dengan metode 5B. Apa itu metode 5B?  Berikut ini penjelasannya:

B1. Berdoa

Sebelum memulai membaca alkitab, berdoalah minta bimbingan Roh Kudus. Bimbingan Rok Kudus mutlak Anda perlukan, bukan saja agar melalui Alkitab Tuhan berbicara kepada Anda, melainkan juga supaya hati Anda terbuka untuk menerima sabda-Nya.

B2. Belajar

Proses belajar tentu saja harus mulai dengan membaca. Bacalah paling sedikit dua kali. Setelah membaca Anda dapat melanjutkan dengan mempelajari lebih mendalam apa yang tertulis disana. Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan bertanya. Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan, misalnya, apa yang dapat saya pelajari tentang Allah, manusia, dosa, keselamatan, teguran, perintah, dan janji Tuhan dari perikop tersebut. Agar proses belajar Anda semakin efektif, sediakanlah buku untuk mencatat. Tuliskanlah minimal satu pokok ajaran penting yang Anda peroleh pada hari ini.

B3. Berbuat

Alkitab adalah buku yang praktis. Anda perlu mempelajari Alkitab bukan supaya Anda menjadi seorang ahli tafsir Alkitab, melainkan supaya Anda melakukan Firman Tuhan dalam kehidupan Anda. Tuhan menghendaki Anda menjadi pelaku Firman (Yakobus 1:22-25). Karena itu catatlah satu atau beberapa hal yang akan Anda lakukan untuk menerapkan ajaran tersebut dalam kehidupan Anda. Sifat dari proyek aplikasi atau penerapan ini adalah pribadi (Anda yang melakukan, bukan orang lain), praktis (beberapa tindakan, bukan hanya teori), realistis (Anda mampu melakukannya, tidak muluk-muluk), konkrit (dapat diukur atau dilihat).

B4. Bersaksi

Agar apa yang Anda lakukan menjadi berkat bagi orang lain, bagikanlah apa yang Anda pelajari. Anda bisa menceritakan apa yang Anda pelajari hari ini kepada suami, istri, anak-anak atau siapapun yang Anda inginkan. Atau Anda juga dapat berbagi dengan cara mengirimkan sms atau whatsapp kepada beberapa orang. Kalimat yang Anda bagikan bisa berupa pokok ajaran yang Anda dapatkan atau ayat kunci dari prinsip yang Anda baca.

B5. Berjalan dalam Berkat

Berkat itu berasal dari Tuhan. Allah sebagai Bapa tentu rindu atau ingin memberkati anak-anakNya. Berkat itu Ia janjikan bagi anak-anakNya yang taat melakukan perintahnya. Jadi, Anda tidak perlu mengharapkan, mencari atau mengejar berkat, karena berkat itu dengan sendirinya akan mengikuti Anda ketika taat kepadanya. Berkat jangan disalahartikan secara materi, karena materi atau harta tidak menjamin kebahagiaan Anda. Allah bisa memberkati Anda dengan keuangan, hubungan sosial, kesehatan, keluarga, hikmat, kekuatan, karakter, damai, sukacita, dsb. Yang pasti, Allah Bapa tahu memberikan berkat yang terbaik bagi Anda. Ayo lakukan 5B! [GKBJ]

Untuk mendapatkan renungan harian dengan metode 5B, Silahkan klik tautan berikut ini: Saat Teduh Metode 5B


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *