renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

RRenungan 13 Apr 2022: 2 Samuel 12: 1-25 (Berani Berkonfrontasi)

Renungan Harian 2 Samuel 12: 1-25 (Berani Berkonfrontasi) Dunia perkantoran tak jauh beda dengan masyarakat. Selalu ada permasalahan. Bila Anda menemukan rekan kerja yang bersikap tak menyenangkan, langkah pertama yang cukup jitu adalah “konfrontasi”, yang maknanya jangan diartikan negatif. Maksud konfrontasi di sini berarti berani mengungkapkan atau menjawab ketika rekan kerja tersebut menunjukkan sikap tak ‘bersahabat’ atau mengganggu.

Berani Berkonfrontasi

Dalam dunia kerja, konfrontasi positif sebenarnya bukan lagi hal baru mengingat dalam hubungan sosial selalu ada perbedaan pendapat dan gesekan. Untuk itu, kita harus melatih diri sendiri agar berani berkonfrontasi ketika masalah terjadi dalam lingkungan kerja kita. Termasuk berkonfrontasi dengan rekan yang lebih senior seperti yang dilakukan Natan terhadap Daud. Keberaniannya tersebut bukan lantaran statusnya sebagai nabi, melainkan karena (1) dari Allah, ia mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi pada diri Daud, (2) ia mengenal karakter Daud sehingga tidak menyatakan kesalahannya dengan lugas melainkan menggunakan perumpamaan terlebih dulu.

 

Sebelum berkonfrontrasi, sebaiknya kita lebih dulu mengenal karakter rekan kita. Dengan mengenali karakternya yang mungkin tergolong temperamental, kalem tetapi ‘ganas’ atau dingin saja, minimal bisa menjadi pertimbangan kita untuk berbesar hati membenahi hubungan dengan rekan kerja yang kurang harmonis menjadi baik. Jika konfrontrasi ini dilakukan dengan benar dan kita tetap respek padanya, niscaya permasalahan sebesar apa pun pasti selesai. Hubungan dengan rekan kerja pun pulih. Mari lebih berani untuk menyelesaikan persoalan di tempat kerja kita, agar masalah tidak menumpuk dan menjadi bom waktu, yang justru beresiko tinggi. (rad)

BACA JUGA:  Renungan Harian 2 Samuel 12: 1-25 | Lanjutkan Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published.