renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Roma 3: 25

www.renunganhariankristen.com Bayangkan ketika anda suatu ketika pergi bermain ke rumah teman anda dan di sana ternyata dia menunjukkan sebuah hal baru misalkan saja sebuah TV besar dengan teknologi canggih, mobil baru, sebuah PC dengan perangkat terbaru, dan juga sebuah smartphone yang paling canggih. Dan anda mencobai itu semua, sedangkan di rumah mungkin barang-barang anda sudah yang lama semua, atau bahkan barang-barang yang anda miliki adalah barang-barang tahun 1990an. Iri hati akhirnya mulai masuk dan anda mulai menginginkan barang milik orang lain.  Uh-oh.  Anda baru saja melanggar salah satu hukum Taurat. Saatnya untuk menyembelih domba…

Itulah yang harus anda lakukan jika anda hidup pada jaman Israel kuno. Berdasarkan Imamat 4, siapapun yang melanggar hukum Taurat harus pergi ke Kemah Suci untuk memberikan korban persembahan kepada Tuhan. Bersyukurlah, ritual tersebut sudah tidak berlaku lagi bagi orang Kristen masa kini. Tapi pesan dari korban persembahan sangatlah jelas: dosa membutuhkan penebusan.

Apakah artinya?

Menebus artinya adalah untuk memperbaiki kesalahan atau memenuhi sebuah permintaan. Dosa hanya akan membawa kita kepada kematian kekal dari Pencipta kita (Roma 6:23). Itu bukan sebuah hal yang bagus.

Tapi ganti rugi akibat dosa bukanlah sebuah hal yang mudah. Faktanya, benar-benar mustahil buat manusia. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk membuat kita layak di hadapan Tuhan (Efesus 2:8-9). Kita butuh penebusan.

Ada sebuah hal yang sangat menarik untuk diperhatikan! Kita sudah menyakiti Allah dengan pemberontakan kita tapi Allah yang sama adalah Allah yang rela menyerahkan Anak-Nya untuk menebus dosa kita. Seperti ayat hari ini berkata, “Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian.” Ini benar-benar tindakan yang sepenuhnya sukarela oleh kasih Allah Bapa! Tapi ini semua benar-benar diperlukan untuk penebusan.

BACA JUGA:  Renungan Harian Matius 11: 28-30

Agar manusia yang sudah jatuh dapat diperdamaikan dengan Allah, maka murka Allah haruslah dipuaskan. Keadilan dan Kekudusan Allah harus bertemu. Sebuah pengurbanan harus dibuat, darah harus dicurahkan, dan harus ada yang menanggung kematian.

Yesus yang menanggung itu semua! Inilah artinya ketika kita berkata Yesus menebus kita semua. Ketika kita gagal untuk menebus diri kita dari dosa kita sendiri, Yesus datang untuk menyelamatkan kita!

Lalu apa yang harus dilakukan?

Baca Ibrani 9 untuk lebih mengerti lagi tentang penebusan Kristus

Tahukah anda?

Dalam sistem penebusan di Perjanjian Lama, binatang yang dipersembahkan haruslah yang jantan dan tidak bercela (Imamat 1:3). Persyaratan ini mengarah pada Juru Selamat kita, Yesus Kristus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *