Renungan-Kisah-Para-Rasul-1-8-Di-Tangan-Allah-Anda-Menjadi-Orang-Yang-Luar-Biasa
Renungan-Kisah-Para-Rasul-1-8-Di-Tangan-Allah-Anda-Menjadi-Orang-Yang-Luar-Biasa

Renungan Kisah Para Rasul 1: 8 | Di Tangan Allah, Anda Menjadi Orang Yang Luar Biasa

Pernahkan Anda mengalami rasa minder atau rendah diri? bagi yang pernah mengalami, Anda tidak sendirian. Musa pernah minder, demikian: “Lalu kata Musa kepada TUHAN, “Ah, Tuhan aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak, dan sejak Engkau berfirman kepada hambaMupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.” (Keluaran 4:10)

Yeremia pun mengalami minder, demikian :”Maka aku menjawab, “Ah, Tuhan Allah ! Sesungguhnya aku tidak pandai bicara, sebab aku ini masih muda.” (Yeremia 1:6)

Demikian juga Petrus minder dan takut ketika ditanya oleh seorang perempuan, yang mengatakan kalau dia itu murid Yesus. (Markus 14:66-72)

Bagaimana Anda dapat mengalahkan rasa minder dan takut? Rasa minder dan takut pada umumnya dapat dikalahkan dengan memaksa diri bertindak, melangkah melakukan atau menghadapi apa yang kita takutkan tersebut. Meskipun rasa minder dan takut masih ada, namun lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

Persis seperti apa yang dikatakan Tuhan kepada Yeremia dengan nada paksa: “Tetapi TUHAN, berfirman kepadaku: “Jangan katakan aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau kusuruh, haruslah engkau pergi dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, harus kau sampaikan.” (Yeremia 1:7)

Memang benar, lawan saja rasa minder atau takut dengan memaksa diri bertindak. Karena kita sudah diberi kuasa (hak) menjadi anakanak Allah. (Yohanes 1:12)

Kalau kita menjadi anakanak Allah, maka kita juga mewarisi apa yang Yesus punya, yaitu mental pemenang. (Roma 8:37)

Maka dari itu, selain bekerja mencari uang, membangun rumah tangga, masuklah ladang Tuhan. Yesus ingin memakai Anda jauh melebihi dari apa yang Anda mampu.

BACA JUGA:  Renungan Matius 25:29 | Yang Punya Ditambah, Yang Tidak Punya Diambil

Tuhan mau Anda menjadi penuai jiwa-jiwa. Seperti Musa, Yeremia dan Petrus yang siap diutus dan membuat banyak orang bertobat dan diselamatkan.

Kalau bukan Anda yang siap diutus, lalu siapa lagi?

Jangan bertahan dalam rasa minder dan takut. Bukan Anda yang berbicara di depan orang lain untuk menyaksikan tentang Yesus, tetapi oleh karena Roh Kudus yang berbicara bagi Anda. (Kisah 3:7-8)

Kalau Anda bekerja dengan kekuatan Anda sendiri, maka hasilnya sedikit. Namun kalau Anda menggunakan Kuasa Roh Kudus, hasilnya jauh lebih besar.

Dalam Efesus 3:20 dikatakan: “Bagi Dialah yang dapat melakukan jauh lebih besar dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti ternyata dan kuasa yang bekerja dalam kita.” Maka Bertindaklah, Anda mau dipakai Tuhan secara luar biasa.
Berdoalah dan rajin membaca Alkitab bersama keluarga, doakan orang-orang sakit, doakan jiwa-jiwa yang masih terhilang, bantu orang yang kesusahan, layanilah orang-orang di sekitar Anda.

Sekecil apapun yang Anda lakukan bagi orang lain, Tuhan akan melipatgandakan hasilnya.

APLIKASI
1. Apakah Anda masih minder dan takut mengabarkan tentang Yesus?
2. Apakah Anda tahu kalau dalam diri Anda ada Kuasa Allah yang bekerja bagi Anda?
3. Apa langkah-langkah Anda untuk memenuhi panggilanNya?

KOMITMEN PRIBADI
Kini aku tahu sekarang, bahwa ada Kuasa Allah didalamku. Maka aku mau masuk keladang Tuhan sekarang dalam kuasa Roh Kudus.

DOA
Tuhan, kami siap pergi ke ladang Tuhan, karena Engkau besertaku. Imanuel. Amin

Ditulis oleh: Natanael Agus Pratono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *