Renungan Harian Yohanes 17: 20. Alkitab dipenuhi dengan banyak doa yang indah. Beberapa contoh adalah doanya Daud (2 Samuel 7:18-29), Salomo (1 Raja 8:22-53), Daniel (Daniel 9:1-9), dan tentu saja doa Tuhan Yesus (Matius 6:9-13). Malam sebelum kematian-Nya, Yesus berdoa dengan doa yang sangat indah. Dicatat dalam Yohanes 17, ini sering disebut sebagai “doa imam besar” karena Yesus adalah imam besar kita yang mewakili kita di hadapan Allah Bapa. Yesus punya banyak sekali pikiran pada malam itu. Dalam doa-Nya, dia mendiskusikan pelayananNya di dunia, meminta agar Bapa dimuliakan dengan kematianNya, dan meminta kepada Tuhan perlindungan, kesatuan, dan pertumbuhan rohani untuk para murid. Percaya atau tidak Yesus juga berdoa untuk anda secara pribadi

APAKAH ARTINYA?

Dua ribu tahun yang lalu, pada malam yang paling menyeramkan di dalam hidupnya di bumi, Yesus memikirkan anda. Itu sangat luar biasa. Hanya berselang beberapa jam setelah berdoa, Yesus dikhianati oleh murid-Nya, ditangkap secara tidak adil dan dicari-cari kesalahannya. Kemudian, Yesus dicemooh, dihina, disiksa, dan akhirnya di salib oleh prajurit yang kejam.

Yesus tahu bahwa semuanya akan terjadi. Kesulitan yang dihadapi tidak dapat dibayangkan, seperti ketika Ia berdoa. Namun, di saat tergelapnya, anda ada dipikiran-Nya. Saat Dia selesai untuk para murid dan saksi Injil di masa depan, Dia mengubah perhatian-Nya pada “orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.” Iya, itu adalah anda. Berikut apa yang didoakan untuk anda:

  • Kesatuan rohani antara anda dengan orang Kristen lain (Yoh 17:21-23)
  • Sebuah keinginan untuk anda berada di Sorga bersama-sama Dia (ayat 24)
  • Sebuah janji untuk menolong anda bertumbuh dalam kasih (ayat 26)
  • Anda akan dipenuhi oleh kasih-Nya (ayat 26)

Doa Yesus untuk anda tidak berakhir disini. Bahkan sekarang Dia “duduk di sebelah kanan Allah, menjadi pembela bagi kita” (Roma 8:34).

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Buatlah list doa dan minta Tuhan agar memberkati anda dengan hal-hal yang di doakan Yesus bagi anda.

APAKAH ANDA TAHU?

Seperti yang disebutkan Yesus dalam doa-Nya, Dia sudah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Allah Bapa untuk diselesaikan (Yohanes 17:4) (Renungan Harian Yohanes 17: 20)

baca juga: Renungan Harian Lukas 15: 11-32 | Mempedulikan yang Jatuh