Renungan-Harian-Yohanes-11-31-44-Indahnya-Rencana-Tuhan
Renungan Harian Yohanes 11: 31-44 | Indahnya Rencana Tuhan
10 Juni 2019
Renungan-Harian-12-Juni-2019
Renungan Harian Efesus 1: 4
12 Juni 2019
Show all

Renungan Harian Yohanes 15: 5a

Renungan-Harian-11-Juni-2019

Renungan-Harian-11-Juni-2019



Renungan Harian Yohanes 15: 5a. Yesus menyukai metafora. Metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan. Contohnya, Yohanes 10:7 “Akulah pintu ke domba-domba itu” apakah Yesus benar-benar pintu? Bukan. Tentu saja tidak. Dia sedang menggunakan metafora untuk menjelaskan bahwa Dia satu-satunya jalan ke sorga.

Yesus berbicara tujuh kali tentang “Aku adalah” di Injil Yohanes. Setiap metafora memiliki penjelasan yang sangat bagus dalam menggambarkan karakter Yesus. Kalimat terakhir Yesus tentang “Aku adalah” ketika malam sebelum Yesus disalibkan ketika Dia dan murid-murid-Nya sedang berjalan dari ruang atas di Yerusalem ke taman Getsemani. Ketika mereka berjalan, Yesus berkata demikian: “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

APAKAH ARTINYA?

Anggur adalah tanaman yang umum di Israel. Seperti buah kebanyakan, mereka tumbuh di ranting yang membentang dari pokok anggur. Metafora ini menjelaskan hubungan antara orang Kristen dengan Yesus.Seperti anggur yang mengambil sari makanan dari pokok anggur, orang percaya mendapat makanan rohani dari Yesus. Dia adalah sumber pertumbuhan dan kekuatan hidup rohani kita. Mereka yang terhubung kepada-Nya melalui iman, ketaatan, doa, dan firman akan bertumbuh kuat. Namun, siapa yang tidak mereka akan menjadi kering dan menjadi ranting yang tak berguna (Yohanes 15:6).

Tanpa Yesus, kita tidak dapat berbuat apa-apa (Ayat 5). Tidak akan ada pertumbuhan yang signifkan. Tapi jika kita berakar dalam Yesus, kita akan memproduksi banyak buah (ayat 5) untuk kemuliaan Tuhan (ayat 8).

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Tambahkan jam untuk doa dan baca Firman agar semakin kuat di dalam Yesus

TAHUKAH ANDA?

Statement tentang “Aku adalah” di dalam Injil Yohanes adalah sebagai berikut:
• “Aku adalah roti hidup” (6:35)
• “Aku adalah terang dunia” (8:12)
• “Aku adalah pintu untuk dombadomba” (10:7)
• “Aku adalah gembala yang baik” (10:11)
• “Aku adalah kebangkitan dan hidup” (11:25)
• “Aku adalah jalan, kebenaran, dan hidup” (14:6)

(Renungan Harian Yohanes 15: 5a)

baca juga: Khotbah Kristen 1 Korintus 15: 14 | Makna Kebangkitan Kristus



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *