Renungan-Harian-Mazmur-61-Tuhan-Tolong
Renungan Harian Mazmur 61 | Tuhan, Tolong
14 Maret 2019
Renungan-Harian-Mazmur-44-7-DIA-Yang-Memegang-Kendali
Renungan Harian Mazmur 44: 7 | DIA Yang Memegang Kendali
14 Maret 2019
Show all

Renungan Harian Remaja Efesus 4: 17-32 | Polusi Kata

Renungan-Harian-Efesus-4-17-32-Polusi-Kata


Renungan Harian Remaja Efesus 4: 17-32 | Polusi Kata. Wajah saya paling ngak tahan kena polusi, apalagi polusi asap kendaraan bermotor, karena wajah saya rentan berjerawat. Makanya, untuk menghindarinya saya abonemen antar jemput setiap ke kantor, sehingga saya pun sedikit banyak terbebas dari polusi. Bagi saya, polusi benar-benar membuat saya frustasi dan menyebalkan banget.

Efesus 4: 17-32 | Polusi Kata

Ternyata, nggak cuman saya yang menderita karena polusi. Terbukti banyak juga teman saya yang wajahnya rusak karena polusi di jalan. Tapi kebayang nggak oleh kita bahwa setiap orang juga ikut menyebabkan terjadinya polusi, lho. Kok bisa?

Sobat, polusi itu nggak cuman di jalan, tapi polusi juga memiliki banyak bentuk. Nah, polusi yang kita bicarakan saat ini nih, adalah salah satu dari sekian banyaknya polusi yang dapat merusak kehidupan rohani kita, yaitu polusi kata. Polusi yang satu ini membuat hati Allah sedih setiap kita melontarkannya. Gimana hati Allah nggak sedih, kalo yang keluar dari mulut kita selalu 3M, menggerutu, mengeluh dan mengkritik. Saban hari pertanyaan kita pada-Nya, “Kenapa Tuhan…? Mengapa Tuhan…?” Bukankah ini polusi?

Saya sempat katakan pada seorang teman, satu dari sekian banyaknya hal yang sulit kita lakukan adalah menghadapi polusi kata. Karena betapa seringnya kita mencemari kehidupan rohani kita dengan polusi kata ‘kenapa’, ‘mengapa’ dan tindakan 3M hingga membuat Allah sedih dengan kata-kata kita. Makanya dalam Efesus 4, Paulus menasehatkan agar kita menanggalkan manusia lama dan perilaku yang mendukakan Roh Kudus (ayat 22, 30), salah satunya polusi kata dan mengenakan manusia baru yang membangun orang lain (ayat 24). Itu pun dengan pertolongan Roh Kudus (Galatia 5: 16). Sebab tanpa bergantung pada Roh Kudus, semua usaha kita untuk terbebas dari polusi akan sia-sia saja.

Rawajali muda, inilah saatnya bagi kita untuk membersihkan kehidupan rohani kita dari polusi dunia! Mari kita basmi polusi kata yang bersarang di hati dan pikiran kita dengan pertolongan Roh-Nya, agar hidup kita benar-benar kinclong di hadapan-Nya! (any – Renungan Harian Remaja Efesus 4: 17-32 | Polusi Kata)

Baca juga: Renungan Harian Matius 5: 17-48 | Berkata Apa Adanya



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *