Renungan-Harian-Remaja-Amsal-12-1-15-Kudu-Dipaksa
Renungan Harian Remaja Amsal 12: 1-15 | Kudu Dipaksa
2018
Renungan-Harian-Remaja-Matius-7-1-5-Ngaca-Dulu
Renungan Harian Remaja Matius 7: 1-5 | Ngaca Dulu
2018
Show all

Renungan Harian Remaja 1 Korintus 8: 1-13 | Kebebasan

Renungan-Harian-Remaja-1-Korintus-8-1-13-Kebebasan


Renungan Harian Remaja 1 Korintus 8:1-13. Sejak Allah menciptakan manusia pertama, Adam dan Hawa, Ia memberi kebebasan pada mereka untuk makan buah apa saja, kecuali buah pengetahuan baik dan jahat. Sangat disayangkan, kebebasan yang Ia beri telah disalahgunakan ke dua sejoli ini. Mereka makan buah yang dilarang Tuhan, padahal selain buah itu, masih banyak buah lainnya yang sebenarnya bisa mereka makan dengan leluasa. Itulah manusia, nggak bertanggung jawab dengan kebebasan yang diberikan.

Kebebasan

Kebebasan, wow… semua pasti mau akan yang satu ini, apalagi kita-kita yang masih remaja dan pemuda. Tanpa kebebasan rasanya hidup nggak seru, deh. Dengan adanya kebebasan, kita pun dapat bereskpresi. Ironisnya nih, banyak kawula muda yang salah menggunakan kebebasan, baik kebebasan yang dari Allah maupun orang tua. Semisal, kita diberi kesempatan punya teman banyak. Sebenarnya ini jadi peluang buat kita kumpul bareng dan lakukan sesuatu yang bisa membangun, misalnya sharing dan doa. Tapi yang lebih sering terjadi ketika beberapa anak muda kumpul justru membentuk geng kemudian nge ‘track’. Wah, jadi jagoan dan penguasa jalan sampe para pengguna jalan lainnya takut semua. Orang tua izinkan kita jalan-jalan, tapi kita malah nggak tahu diri. ‘Remaja pulang pagi’, sampe orang-orang rumah geger karena ulah kita. Bebas ngikutin perkembangan mode, tapi kadang penampilan kita jadi seronok dan bikin orang lain ‘sakit mata’.

Sobat muda, kita punya kebebasan untuk ngelakuin apa saja yang kita mau, namun kita mesti ingat juga dengan sekitar kita. Kasihan khan gara-gara kita bersikap semaunya, orang lain jadi terusik atau syak. Apalagi kalo yang melihat itu orang yang belum mengenal Tuhan atau baru percaya. Bagaimana kita akan bersaksi tentang Kristus pada mereka sedang diri kita sendiri tidak menampakkan Kristus? Fir Tu pun menasehatkan, “Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi yang lemah” (1 Kor. 8:9). So, lakukanlah segala sesuatu yang tidak menimbulkan syak di hati orang lain. (LIS – Renungan Harian Remaja 1 Korintus 8:1-13)    


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *