Renungan-Harian-Kisah-Rasul-22-Kesaksian-Hidup-Yang-Menghidupkan

Renungan Harian Kisah Rasul 20: 17-38 | Paulus Yang Profesional

Renungan Harian Kisah Rasul 20: 17-38 | Paulus Yang Profesional. Sebutkan ciri-ciri professional Paulus dalam mengemban tugas dan tanggung jawab?

Paulus Yang Profesional

Bila dibandingkan dengan para top eksekutif, Paulus tidak kalah.  Sebagai pelayan Tuhan, ia mempunyai profesionalisme yang tinggi sesuai standar masa kini.  Ceramah Paulus di depan para penatua Efesus secara tidak langsung mengungkapkan bahwa Paulus adalah seorang profesional sejati.  Ia mempunyai integritas yang tinggi, dibuktikan dengan hidupnya yang transparan di hadapan jemaatnya (18b, 34).  Integritas ini meliputi setia terhadap tujuan hidupnya yaitu melayani Tuhan, tetap setia dan taat mengemban misi dan tanggung jawabnya walaupun situasi dan kondisi tidak mendukung 919-22, 23-24), tuntas dalam menjalankan tugasnya (26), kesungguhannya (31), bersih dan jujur dalam soal keuangan (34).  Siapa yang meragukan bahwa Paulus mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang Injil dan doktrin-doktrin Kristen.

Tidak hanya itu, ia juga mempunyai wawasan yang luas sehingga ia tahu apa yang akan dihadapi oleh jemaat Efesus dan ia pun tahu Siapa yang dapat mendukung dan menpang mereka (31-32).  Di dalam setiap pelayanan yang ia lakukan, Paulus tidak pernah menggunakan hanya satu metode pendekatan dan pengajaran.  Ia memberitakan dan mengajar baik dalam sekelompok besar maupun kelompok kecil (20), bersaksi (21), menasehati (28), memperingati (31), membimbing, dan memimpin kepada sumber kasih karunia yaitu Allah.  Tiga Faktor inilah yang selalu mewarnai setiap gerak dan langkah pelayanannya.  Karena itulah Paulus pun mempunyai ‘segudang prestasi’.

Bagaimana jika setiap pelayan Tuhan baik mereka yang melayani penuh waktu maupun yang melayani sebagai majelis, aktivis gereja dan kampus, tidak memilih tiga faktor ini? (Renungan Harian Kisah Rasul 20: 17-38 | Paulus Yang Profesional)

BACA JUGA:  Renungan Harian 2 Tawarikh 26 | Baik Di Awal, Buruk Di Akhir

Baca juga: Renungan Harian Kisah Para Rasul 21: 1-14 | Pelayanan Profetik Oleh Roh Kudus

 

Pencarian Populer: KHOTBAH KATOLIK KISAH PARA RASUL 20:17-38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *