Renungan Harian Matius 7: 24. Yesus seringkali berbicara dalam perumpamaan yang sulit untuk dimengerti. Tetapi kali ini Yesus berbicara dengan begitu jelas seperti dalam Matius 7:24-27: “Setiap orang yang mendengar perkataanKu ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angina melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

APAKAH ARTINYA?

Kehidupan manusia seringkali dipenuhi dengan badai yang menerpa. Mungkin jika kita tidak menghadapi situasi yang sulit sekarang, mungkin besok kita akan mengalaminya. Ini merupakan natur dari dunia yang telah rusak ini. Respon kita kepada Yesus akan mendikte hasil dari pencobaan yang kita alami. Jika kita percaya dan setia menaati Yesus, tantangan hidup tidak akan mengalahkan kita. Tetapi jika kita mencoba untuk menjalani hidup tanpa Yesus, bencana besar akan datang dalam kehidupan kita. Bukan hanya menjadi pendengar ataupun pembaca frman Kristus, tetapi ketika kita setia melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, inilah yang akan membuat hidup kita menjadi kuat. Kita tidak akan mudah diombang-ambingkan dengan pengajaran sesat dan pengaruh buruk dari dunia ini. Mari kita bangun kehidupan kita di atas dasar yang teguh!

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Dari pelajaran mengenai khotbah Yesus di bukit sampai hari ini, Hal apakah yang sudah anda lakukan? Dan hal apakah yang belum anda praktekkan sampai saat ini? Buatlah rencana untuk mempraktekkan apa yang anda dapatkan dari pelajaran mengenai khotbah di bukit.

TAHUKAH ANDA?

Badai dapat datang kapan saja tanpa aba-aba dan pemberitahuan.

Baca juga: Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 4:1-11 | Pencobaan di Padang Gurun