Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 4:1-11 | Pencobaan di Padang Gurun            

Renungan-Harian-22-Februari-2019
Renungan Harian Matius 5: 14
22 Februari 2019
Renungan-Harian-23-Februari-2019
Renungan Harian Matius 5: 17
23 Februari 2019
Show all

Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 4:1-11 | Pencobaan di Padang Gurun            

5a-Matius-4-1-11-Pencobaan-di-Padang-Gurun


Ringkasan Cerita Alkitab

Bahan Cerita Sekolah Minggu Matius 4:1-11 | Pencobaan di Padang Gurun. Yesus dibaptis untuk menggenapkan seluruh kehendak Allah – Yesus mau taat kepada kehendak Allah.  Yesus dibaptis karena Yesus rela merendahkan diri – Dia yang tidak berdosa rela terhitung di antara orang berdosa.   Allah berkenan kepada Yesus yang taat dan mau merendahkan diri.  Allah menyatakan Yesus sebagai Anak-Nya yang Allah kasihi.  Roh Kudus pun turun ke atas-Nya.  Allah mengukuhkan Yesus dalam tugas-Nya di dunia – menjadi Juruselamat dunia.

Setelah baptisan itu, sebelum Yesus melaksanakan tugas-Nya di dunia, Roh Kudus membawa Yesus ke padang gurun untuk dicobai iblis.  Ternyata Allah mengijinkan Yesus dicobai oleh iblis.  Ingat, bahwa iblis tidak mungkin mencobai siapapun tanpa ijin dari Allah.

Kapan iblis mencobai Yesus?  Setelah Yesus berpuasa 40 hari 40 malam lamanya.   Dalam keadaan sebagai seorang manusia (Yesus adalah 100% manusia, 100 % Allah), Yesus pun bisa merasa lapar.  Dan pada saat Yesus dalam kondisi fisik yang paling lemah dan memiliki kebutuhan yang mendesak (kebutuhan untuk makan), iblis datang untuk mencobai Yesus.

 

Aplikasi 1

Anak-anak, ketika iblis mendapat ijin untuk mencobai manusia, maka iblis akan mencari kesempatan di mana manusia sedang dalam kondisi yang paling lemah.  Karena itu, kita harus berwaspada.

Iblis berkata kepada Yesus : “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”   Bayangkan sedang lapar-laparnya, kemudian digoda dengan roti.   Hmmmm, tentu sangat menggiurkan bukan ? Yesus sedang lapar-laparnya dan Yesus butuh makan.  Iblis menyuruh Yesus untuk menggunakan kuasa-Nya sebagai Anak Allah untuk segera mengubah batu menjadi roti.  Namun, Yesus menangkis iblis dengan berkata : “Ada tertulis (maksudnya adalah tulisan Kitab Suci ) : ‘Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah ”  Artinya, Yesus menyatakan bahwa roti yang melambangkan materi bukanlah segala-galanya buat manusia.  Justru manusia membutuhkan Firman Allah untuk hidup.  Dengan demikian iblis tidak berhasil membuat Yesus melakukan seperti yang dikatakannya.

Kemudian iblis membawa Yesus ke atas bangunan Bait Suci dan berkata : “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawa, sebab ada tertulis : Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau supaya tidak terantuk kepada batu.”  Namun, Yesus menangkis iblis dengan berkata : “Ada pula tertulis : “Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu !”  Artinya,  Yesus menyatakan bahwa manusia tidak boleh sekalipun meragukan kasih Allah dan meminta Allah untuk melakukan yang diinginkannya sebagai bukti kasih Allah kepadanya.  Sikap yang demikian berarti manusia sedang mencobai Allah.  Dengan demikian iblis tidak berhasil membuat Yesus melakukan apa yang seperti yang dikatakannya.

Iblis membawa Yesus ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan semua pemerintahan dunia dengan kemegahannya dan berkata : “Semua itu kan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku. “  Yesus menangkis iblis dengan berkata :  “”Enyahlah iblis ! Sebab ada tertulis : ‘Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”  Artinya Yesus menyatakan bahwa manusia hanya boleh menyembah kepada Tuhan Allah dan tidak ada sesuatupun di luar Allah yang boleh manusia sembah sebagai Allah.  Dengan demikian iblis tidak berhasil membuat Yesus melakukan seperti yang dikatakannya.

Yesus berhasil bisa tetap menyenangkan hati Allah, menang atas iblis dan mengatasi pencobaan dari iblis, dengan menggunakan perkataan-perkataan Kitab Suci.  (Setiap kali Yesus berkata “Ada tertulis …”)

Aplikasi 2

Setiap anak Tuhan juga bisa menyenangkan hati Tuhan, menang atas iblis dan mengatasi pencobaan dari iblis, dengan menggunakan perkataan-perkataan Firman Tuhan.  Karena itu anak-anak harus tekun mengenal Firman Tuhan, mempercayai Firman Tuhan, dan melakukan Firman Tuhan.

 

Doa Respon

Tuhan Yesus, tolonglah saya untuk tekun mengenal Firman Tuhan, mempercayai Firman Tuhan, dan melakukan Firman Tuhan agar saya bisa menyenangkan hati Tuhan, menang atas iblis dan mengatasi pencobaan dari iblis.  Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

 

Proyek Kelas

Sharing tentang dalam pencobaan apa anak bisa menang karena mengandalkan Firman Tuhan atau anak bisa kalah karena tidak mengandalkan Firman Tuhan.



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan