renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Kisah Para Rasul 4: 12

Pada awal keberadaan gereja, rasul Petrus dan Yohanes memasuki kawasan Bait Yerusalem dan melihat pengemis lumpuh duduk di dekat salah satu gerbang. Orang itu tidak pernah mampu berjalan.

Petrus melihat dia dan berkata, “Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” (Kisah Para Rasul 3:6). Seketika, orang itu bangun, sembuh total, sementara orang banyak berkumpul dan terpukau.

Para pemimpin agama Yahudi, bagaimanapun, tidak senang. Mereka menangkap Petrus dan Yohanes karena membicarakan Yesus. (Anda bisa membaca keseluruhan ceritanya di Kisah Para Rasul 3-4).

Tetapi Petrus menolak untuk bungkam. Dia dengan berani bersaksi mengenai Yesus di hadapan orang-orang Sanhedrin (Mahkamah Agama atau dewan tertinggi agama Yahudi) mengatakan: “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

Itu adalah salah satu pernyataan paling berani dalam Alkitab, dan membawa kita ke pertanyaan yang penting: Apakah kekristenan sejati benar dan semua agama lain salah?

Apakah artinya?

Dunia ini seperti semangkuk besar sup dari berbagai kelompok religius: Kristen, Mormon, Saksi Yehovah, Muslim, Hindu, Buddha, Yahudi, Konghuchu, dan lain-lain. Ada juga ateis (orang yang tidak mengakui keberadaan Allah maupun kehidupan setelah kematian) dan agnostik (orang yang percaya tidak mungkin mengetahui keberadaan Allah ataupun kehidupan setelah kematian). Dan masih banyak lagi.

Jadi, bagaimana kita tahu bahwa Kekristenan adalah kepercayaan yang benar? Itu adalah pertanyaan yang memiliki kepentingan abadi. Hari ini, kita hanya akan membahas permukaannya saja. Selama empat hari ke depan, kita akan menyelam lebih dalam dan mendiskusikan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah semua agama membawa kita ke surga?
  • Bagaimana kita tahu kekristenan adalah satu-satunya iman yang benar?
  • Mengapa Allah Pengasih mengirim milyaran orang ke neraka?
  • Bagaimana kita harus bersikap ketika orang lain tersinggung dengan iman kita?
  • Sementara itu, mari kita jawab pertanyaan awal kita: apakah kekristenan sejati–kepercayaan bahwa keselamatan hanya dapat diterima melalui Yesus–benar, dan semua agama lain salah?
BACA JUGA:  Renungan Harian Anak Kisah Para Rasul 4: 7-14 | Menolak Atau Tidak

Jawabannya… ya! Firman Tuhan sangat jelas menyatakan “keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia.”

Lalu apa yang harus dilakukan?

Hafalkan Kisah Para Rasul 4:12. Singkat, padat, dan jelas!

Tahukah anda?

Menurut sebuah studi oleh Pew Research Center’s Forum pada tahun 2012 mengenai Agama & Kehidupan Publik, sekitar 6 milyar orang di seluruh dunia–atau sekitar 80 persen dari total populasi–mengaku beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *