Renungan Harian Ibrani 5: 7. Yesus dan kesebelas murid-Nya menyeberang ke lembah Kidron sebelah timur Yerusalem dan naik ke atas bukit Zaitun. Perjamuan makan telah berakhir dan Yesus telah menyelesaikan ucapan perpisahan dan doa imam besar. Hari sudah mulai malam dan Yesus beserta murid-Nya pergi ke taman Getsemani, sebuah tempat yang sangat familiar bagi mereka. Yesus disana untuk menyelesaikan misinya di bumi.

Sebagai Anak Allah yang mahatahu, Dia tahu bahwa Yudas Iskariot akan segera tiba dengan segerombolan orang yang penuh kebencian.Dia juga tahu bahwa para murid akan meninggalkanNya, Petrus akan menyangkalNya, orang-orang Yahudi akan mengutuki-Nya, dan pasukan Roma akan menyiksa dan menyalibkan Dia dengan cara yang brutal. Itulah yang dipikirkan oleh Yesus, oleh sebab itu maka Ia berdoa.

APAKAH ARTINYA?

Apakah terlihat aneh bagi anda bahwa Yesus berdoa? Jika Yesus adalah Tuhan (Iya, Dia Tuhan) dan Dia tahu bahwa kematian-Nya yang tragis itu akan berakhir dengan kebangkitan yang penuh dengan kemenangan, mengapa Dia terlihat sangat sedih dan ketakutan?

Ingat, satu sisi Yesus adalah Tuhan tetapi disisi lain Dia juga adalah manusia. Sebagai Anak Allah yang
sempurna, Yesus tidak pernah menyerah dan takut pada dosa. Tetapi Dia mengalami pengalaman emosi sama seperti yang kita alami juga. Kematian-Nya yang sebentar lagi sangat membebani diri-Nya, sama seperti kita jika kita mengalami hal yang sama. Jadi, Yesus berlutut dan berseru kepada Allah Bapa. Dan ayat hari ini dikatakan “Allah mendengarkan doa-Nya karena kesalehan-Nya”.

Allah Bapa sangat mengasihi anda dan akan menolong apapun yang anda butuhkan jika anda datang kepada-Nya dengan rasa hormat. Ketika kesulitan itu tiba, berdoalah pada Tuhan dan minta hikmat serta pertolongan. Seperti yang dikatakan dalam 1 Petrus 5:7 “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Ketika pencobaan datang, kitab Mazmur adalah kitab yang sangat cocok untuk direnungkan karena banyak berisi dengan penguatan dan peneguhan.

APAKAH ANDA TAHU?

Penderitaan Yesus di taman sangat besar, Allah sampai mengutus malaikat untuk memberikan kekuatan (Lukas 22:43). (Renungan Harian Ibrani 5: 7)

baca juga: Renungan Harian Remaja Kejadian 13 | Keputusan yang Salah