renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan Harian Efesus 3: 6

Arthur Conan Doyle mejauh dari mejanya dan menghela napas lega. Saat itu adalah musim gugur pada tahun 1886, dan dokter sekaligus penulis Skotlandia berusia 27 tahun itu baru saja menyelesaikan novel pertamanya.

Saat itu Doyle tidak tahu bahwa tokoh utama dalam cerita A Study in Scarlet akan menjadi detektif pemecah-kasus paling terkenal dalam sejarah. Namanya adalah Sherlock Holmes.

Dengan topi deerstalker, pipa rokok melengkung, dan pikiran analitis, Sherlock Holmes telah memikat imajinasi publik melalui buku, drama teater, radio, siaran televisi, film Hollywood beranggaran besar, dan bahkan permainan konsol selama lebih dari satu abad. Orang-orang menyukai misteri yang bagus.

Renungan hari ini juga menceritakan suatu misteri. Tetapi cerita ini tidak menyertakan detektif cerdas yang menggunakan kaca pembesar untuk mencari petunjuk. Misteri Alkitab ini mengenai gereja!

Apakah artinya?

Ketika dosa masuk ke dunia pada Kejadian 3, Allah memprakarsai rencana penebusan yang agung untuk menebus pendosa melalui Anak-Nya, Yesus Kristus. Pertama, Allah menjadikan Abraham suatu “bangsa yang besar” yaitu Israel (Kejadian 12:2), yang kemudian melahirkan Mesias. Tetapi, sepanjang Perjanjian Lama, Allah telah memberikan petunjuk bahwa hal-hal yang lebih besar yang akan terjadi. Dalam Yesaya 49:6, misalnya, Ia menjanjikan bahwa Yesus, Sang Mesias, akan membawa “keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi”, bukan hanya pada bangsa Israel.

Allah memenuhi ini melalui sang gereja! Setelah khotbah Pentakosta Petrus, Allah membentuk gereja dan menetapkan penyebarluasan Injil melampaui bangsa Israel ke seluruh dunia, melalui para rasul dan orang Kristen mula-mula lainnya (Kisah Para Rasul 22:21, 28:28, dam Roma 11:11).

BACA JUGA:  Renungan Harian Efesus 2: 8 | Pemberian Allah

Penulis Perjanjian Baru menggambarkan setiap peristiwa ini sebagai suatu “misteri” (ayat hari ini) karena, terus terang saja, tidak ada yang menyangka! Bahkan murid-murid yesus sendiri tidak ada yang membayangkan bahwa Allah membentuk suatu tubuh yang menyatukan orang percaya di seluruh dunia melalui Yesus.

Apa artinya bagi Anda hari ini? Jika kamu seorang Kristen, itu artinya kamu adalah penerima rencana agung Allah yang dimulai dahulu kala, semuanya untuk keselamatanmu. Seperti yang ayat hari ini katakan, Injil mempersatukan orang-orang dari berbagai latar belakang suku secara indah sebagai “anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.”

Misteri terpecahkan…kasus ditutup!

Lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk lebih lagi memahami “misteri” bangsa Israel, Injil, dan gereja, baca Roma 9-11 dan Efesus 2:11-3:6.

Tahukah anda?

Arthur Conan Doyle membuat kebanyakan sifat tokoh Sherlock Holmes berdasarkan Dr. Joseph Bell, salah satu professor medisnya di University of Edinburgh di Skotlandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *